January 28, 2023

Kabar Senator

Media Aspirasi dan Inspirasi Daerah

Home » Serdadu Israel Turunkan Bendera Palestina dan Mengganti Bendera Bintang Daud

Ilustrasi.foto.ist

Serdadu Israel Turunkan Bendera Palestina dan Mengganti Bendera Bintang Daud

KS, PALESTINA – Pasukan pendudukan Israel menurunkan bendera Palestina yang tergantung di gedung sekolah di desa Palestina Al-Lubban Ash-Sharqiya dekat Nablus di Tepi Barat yang diduduki dan menggantinya dengan bendera Israel.

Ayesha Nubani, kepala Sekolah Menengah Putri Al-Lubban, mengatakan tentara Israel menyelinap ke gedung sekolah pada dini hari, merobek bendera Palestina dan menggantinya dengan bendera Israel.

Ini bukan pertama kalinya pasukan pendudukan menurunkan bendera Palestina dilembaga pendidikan, namun ini pertama kalinya mereka menggantinya dengan bendera negara pendudukan dengan lambang bintang daud.

Kementerian Luar Negeri dan Ekspatriat Palestina mengecam langkah tersebut sebagai pelanggaran dan penargetan institusi pendidikan Palestina, terutama yang terletak di jalan pintas pemukim ilegal dan di Area C Tepi Barat yang diduduki, seperti Masafer Yatta dan Lembah Yordan.

Ia menambahkan bahwa pencopotan bendera itu adalah akibat hasutan untuk kebencian oleh pemukim sayap kanan radikal Israel yang dikenal dengan retorika supremasi Yahudi, yang dipimpin oleh Partai Otzma Yehudit sayap kanan dan pemimpinnya, Itamar Ben-Gvir, dan Religius. Pemimpin Partai Zionis, Bezalel Smotrich. Keduanya akan diangkat menjadi menteri keamanan penting dalam pemerintahan koalisi mendatang Israel.

Pasukan pendudukan baru-baru ini meningkatkan praktik represif mereka terhadap warga Palestina di Masafer Yatta, termasuk melalui penghancuran rumah dan sekolah, menghentikan pembangunan dan mencegah warga Palestina dan penggembala mengakses tanah mereka.

Pada bulan Agustus, pasukan Israel mengeluarkan perintah pembongkaran sebuah sekolah di desa Shuub Al-Batn di Masafer Yatta. Sekitar 54 anak bersekolah di sekolah yang dibuka sejak 2015 itu.

Israel telah menduduki Tepi Barat sejak 1967 dan pelanggaran hak asasi manusia terhadap warga Palestina dan pelanggaran hukum internasional terjadi setiap hari. (red)

ArabicChinese (Simplified)EnglishIndonesianRussianSpanish