June 26, 2024

Kabar Senator

Media Aspirasi dan Inspirasi Daerah

Home » Patroli Satpolairud Polres Kepulauan Seribu Sosialisasikan Keselamatan Berlayar dan Antisipasi Kejahatan Laut

Patroli Satpolairud Polres Kepulauan Seribu Sosialisasikan Keselamatan Berlayar dan Antisipasi Kejahatan Laut

KS, JAKARTA – Satpolairud Polres Kepulauan Seribu melaksanakan patroli laut dialogis di wilayah perairan Kepulauan Seribu menggunakan Kapal Patroli KP. VII – 40 – 203, Jumat (07/06/2024).

Patroli ini bertujuan untuk memberikan himbauan kamtibmas kepada warga dan nelayan mengenai keselamatan berlayar serta pentingnya menggunakan life jacket.

Kasat Polairud Polres Kepulauan Seribu, AKP Dasiman, memimpin patroli ini dan memberikan berbagai arahan kepada para nelayan. “Kami menghimbau agar para nelayan tidak melakukan ilegal fishing dan dilarang keras menggunakan potasium serta bahan peledak untuk menangkap ikan. Laporkan kejadian apapun kepada polisi,” tegas AKP Dasiman.

Patroli ini juga bertujuan untuk mengantisipasi tindak kejahatan di laut, memastikan bahwa wilayah perairan Kepulauan Seribu tetap aman dan kondusif. Selain itu, AKP Dasiman mengingatkan para nelayan untuk selalu waspada terhadap cuaca buruk dan selalu menyediakan peralatan keselamatan seperti life jacket dan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di kapal mereka.

“Kami ingin memastikan bahwa semua warga dan nelayan memahami pentingnya keselamatan berlayar. Sediakan life jacket dan APAR untuk menghadapi situasi darurat. Jaga kamtibmas agar tetap aman dan kondusif,” lanjut AKP Dasiman.

Dalam patroli tersebut, juga disosialisasikan call centre POLRI 110 yang dapat dihubungi untuk melaporkan kejadian darurat atau pelanggaran hukum di wilayah perairan. Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan masyarakat dan nelayan dapat lebih mudah mengakses bantuan dan menjaga keamanan bersama.

Patroli laut dialogis ini merupakan bagian dari komitmen Polres Kepulauan Seribu untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah perairan, serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya keselamatan dan ketaatan terhadap hukum.

ArabicChinese (Simplified)EnglishIndonesianRussianSpanish