September 23, 2023

Kabar Senator

Media Aspirasi dan Inspirasi Daerah

Home » Elektabilitas Prabowo di Jawa Timur Masih Teratas

Elektabilitas Prabowo di Jawa Timur Masih Teratas

KS, JAKARTA – Hasil survei terbaru dari Surabaya Research Syndicate (SRS) menunjukkan, elektabilitas Prabowo Subianto sebagai bacapres tetap dominan di posisi teratas mengungguli Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Melalui berbagai format pertanyaan kepada responden, mulai dari pertanyaan terbuka (top of mind), pertanyaan tertutup simulasi 10 nama, pertanyaan tertutup simulasi tiga nama, maupun simulasi head to head, elektabilitas Prabowo selalu unggul atas Ganjar, apalagi atas Anies Baswedan.

Peneliti Senior SRS Edwin Abdul menuturkan ketika SRS mengajukan pertanyaan secara terbuka (top of mind) kepada responden, siapakah tokoh yang paling pantas menggantikan Presiden Jokowi, secara spontan sebanyak 26,1% menyebut Prabowo Subianto.

Kemudian nama Ganjar Pranowo disebut oleh 22,6% responden dan Anies Baswedan hanya disebut spontan oleh 14,2% responden. Setelah itu muncul nama-nama seperti Mahfud MD, Ridwan Kamil, Erick Thohir, Agus Harimurty Yudhoyono (AHY), Sandiaga Uno, Airlangga Hartarto, Puan Maharani, Khofifah, Moeldoko, dan Muhaimin Iskandar.

Namun elektabilitas tokoh-tokoh ini tidak signifikan untuk diperhitungkan sebagai capres 2024.

“Lantas saat simulasi Pilpres hanya diikuti oleh tiga capres saja, elektabilitas Prabowo Subianto semakin menguat. Pada saat kepada responden diajukan pertanyaan, siapakah yang akan dipilih jika saat ini dilaksanakan Pilpres dan hanya diikuti oleh Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, ternyata sebanyak 43,8% responden mengaku memilih Prabowo, kemudian 39,7% mengaku memilih Ganjar dan 15,2% menjatuhkan pilihan pada Anies. Sebanyak 1,3% responden menyatakan belum punya pilihan (undecided),” ungkap Peneliti Senior SRS Edwin Abdul Jumat (15/9/2023).

Jarak elektabilitas Prabowo Subianto dengan Ganjar Pranowo maupun dengan Anies Baswedan semakin lebar ketika SRS membuat simulasi head to head.

“Saat kepada responden diajukan pertanyaan, siapakah yang akan dipilih jika saat ini dilaksanakan Pilpres dan hanya diikuti oleh Prabowo dan Ganjar, ternyata sebanyak 51,3% warga Jawa Timur mengaku akan memilih Prabowo dan 45,2% menyatakan dukungannya pada Ganjar, sementara 3,5% responden belum bisa memutuskan (undecided),” ungkap Adwin Abdul

“Begitu pula ketika dibuat simulasi head to head, Pilpres hanya dikuti Prabowo dan Anies, dominasi bacapres Partai Gerindra itu semakin tak terkejar. Sebanyak 56,8% mengaku akan memilih Prabowo dan hanya 40,1% responden yang menyatakan dukungannya pada Anies,” sambungnya.

Ketika Pilpres masuk putaran kedua dengan kontestannya Prabowo dan Ganjar maka suara pendukung Anies cenderung bermigrasi ke Prabowo. Begitu pula ketika kontestan Pilpres putaran kedua hanya Prabowo dan Anies, suara pendukung lebih banyak yang mengalir ke Prabowo daripada ke Ganjar.

“Pendukung Ganjar dan Anies masih merepresentasikan perseteruan antara cebong dan kampret, sehingga pendukung Ganjar dan Anies tidak mudah untuk bersinergi melawan Prabowo,” paparnya.

Demikian kesimpulan dari hasil survei nasional terbaru yang dilaksanakan SRS pada 3 s/d 12 September 2023 di 38 kabupaten/kota di seluruh provinsi Jawa Timur. Populasi dari survei ini adalah seluruh Warga Negara Indonesia yang berdomisili di Jawa Timur dan telah berumur minimal 17 tahun (memiliki e-KTP). Jumlah sampel sebanyak 1000 responden yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak sistematis (systematic random sampling).

Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara melalui telepon dengan responden dipandu dengan kuesioner. Sedangkan ambang kesalahan (margin of error) yang ditetapkan dalam survei ini sebesar +/- 3,1% dengan tingkat kepercayaan (level of confidence) 95%. Validasi data mengacu pada data kependudukan yang dikeluarkan Biro Pusat Statistik (BPS).

Tingkat Elektabilitas Capres di Jawa Timur (Top of Mind)

Prabowo Subianto 26,1%
Ganjar Pranowo 22,6%
Anies Baswedan 14,2%
Tokoh-tokoh lainnya 32,7%
Tidak Tahu/Undecided 4,4%

Tingkat Elektabilitas Capres di Jawa Timur (Simulasi 3 Nama)

Prabowo Subianto 43,8%
Ganjar Pranowo 39,7%
Anies Baswedan 15,2%
Tidak Tahu/Undecided 1,3%

Elektabilitas Pasangan Capres-Cawapres di Jawa Timur (Simulasi 3 Pasangan)

Prabowo Subianto/Erick Thohir 43,5%
Ganjar Pranowo/Sandiaga Uno 40,2%
Anies Baswedan/Muhaimin Iskandar 14,6%
Tidak Tahu/Undecided 2,1%

Tingkat Elektabilitas Partai Politik di Jawa Timur

PDI Perjuangan 21,5%
P K B 18,1%
Partai Gerindra 16,8%
Partai Demokrat 7,8%
Partai Golkar 7,5%
Partai NasDem 7,1%
P K S 3,8%
P P P 3,7%
P A N 3,3%
Partai Perindo 3,2%
Partai-partai lainnya 3,3%
Tidak Tahu/Undecided 3,9%.

ArabicChinese (Simplified)EnglishIndonesianRussianSpanish