July 15, 2024

Kabar Senator

Media Aspirasi dan Inspirasi Daerah

Home » Didatangi Gloria Arroyo, Bu Mega Diundang Hadir ke Filipina

Didatangi Gloria Arroyo, Bu Mega Diundang Hadir ke Filipina

KS, JAKARTA – Presiden Kelima RI Prof.Dr.(HC) Megawati Soekarnoputri menerima mantan Presiden Filipina Gloria Macapagal Arroyo di kediamannya di Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, pada Jumat (15/9/2023).

Arroyo tiba di kediaman Megawati sekitar pukul 13.00 WIB. Ketua Umum DPP PDI Perjuangan itu didampingi oleh Bendahara Olly Dondokambey. Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly juga tampak menemani Megawati.

Megawati menyambut hangat kehadiran Gloria Arroyo. Mereka bersalaman dan saling memberi pelukan hangat.

“Halo selamat datang. Ayo mari duduk,” ajak Megawati kepada Gloria.

Keduanya lalu duduk berhadapan. Laoly dan Dondokambey duduk di deretan kursi di sebelah kiri Megawati. Sementara di deretan kursi sebelah kanan, tampak hadir Marzuki Darusman, seorang diplomat senior. Juga tampak Rajiv Narayan. Baik Gloria, Marzuki, hingga Rajiv juga tercatat beraktivitas di International Commission Against Death Penalty (ICDP).

Saat berbincang, Gloria menyampaikan apresiasinya terhadap peran dan posisi seorang Megawati Soekarnoputri untuk dunia. Ia juga bertanya mengenai pendapat Megawati soal kondisi Indonesia, kawasan, hingga dunia. “Bagaimana progress ke depan menurut anda,” kata Gloria.

Perbincangan keduanya dengan peserta pertemuan itu lalu dilaksanakan secara tertutup. Namun suasana riang dan santai sangat terasa sepanjang perjumpaan dua perempuan yang pernah masuk ke daftar orang berpengaruh di dunia itu.

Jelang pertemuan berakhir, Gloria Arroyo memberikan cinderamata khas yang dibawanya dari Filipina. Megawati juga menyiapkan cinderamata berupa kain batik untuk Gloria. Seusai tukar menukar cinderamata, Megawati dan Gloria berfoto bersama, lengkap dengan semua peserta silaturahmi itu.

Usai sesi foto, Megawati dan Gloria berjalan bersama menuju keluar kediaman Teuku Umar. Keduanya berpengangan tangan erat sambil berbincang pelan.

Gloria sekalian menyampaikan undangan kepada Megawati untuk datang ke Filipina. “Kami menantikan kehadiranmu di Filipina,” ujar Gloria.

Saat ditanya media, Megawati mengaku dirinya memang diundang untuk datang ke negeri yang kini dipimpin oleh Presiden Bongbong Marcos tersebut.

“Iya, diundang untuk menghadiri 70 tahun hubungan persahabatan Indonesia-Filipina,” kata Megawati. (ris)

ArabicChinese (Simplified)EnglishIndonesianRussianSpanish