April 20, 2024

Kabar Senator

Media Aspirasi dan Inspirasi Daerah

Home » Survei Denny JA: Prabowo Unggul di Pemilih Muda

Survei Denny JA: Prabowo Unggul di Pemilih Muda

KS, JAKARTA – Peneliti Lingakaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Adjie Alfaraby menyebut Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjadi sosok paling dipilih oleh pemilih muda.

Prabowo unggul atas dua nama capres lain, yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Prabowo masih unggul di pemilih muda, di hampir semua pemilih muda, baik yang di bawah 30 tahun, 30-39 tahun maupun yang 40-49 tahun, Prabowo unggul dari Ganjar maupun Anies,” kata Adjie dalam paparan rilis survei LSI Denny JA terkait Pilpres 2024, Jumat (19/5).

Adjie merinci pada pemilih berusia di bawah 30 tahun, Prabowo meraih suara sebanyak 30,9% dan meninggalkan Ganjar dengan 25,9% dan Anies sebesar 24.9%. Pada kategori pemilih berusia 30-39 tahun, suara untuk Prabowo tetap di atas kedua nama lainnya. Dukungan tertinggi juga diraih Prabowo dalam kategori pemilih 40-49 tahun.

Ketua Umum Partai Gerindra itu memperoleh dukungan hingga 37,6%. Angka tersebut melambung meninggalkan Ganjar yang berkutat dengan 27,8% dan Anies yang harus puas dengan angka 18,8 %.

Sementara pada kategori pemilih lansia di atas 50 tahun, Ganjar unggul atas Prabowo dan Anies.

“Ini menarik ya, pada pemilih milenial, gen-z, pemilih muda, pemilih dewasa muda, ketiganya masih diungguli Prabowo, sementara di pemilih lansia diungguli oleh Ganjar,” ujar Adjie.

Survei LSI Denny JA digelar selama 12 hari, yakni sepanjang 3-14 Mei 2023. Survei ini melibatkan 1.200 responden dari 34 Provinsi di Indonesia. (ris)

ArabicChinese (Simplified)EnglishIndonesianRussianSpanish