December 5, 2022

Kabar Senator

Media Aspirasi dan Inspirasi Daerah

Home » Senator Bali Minta Bapenda Bali Genjot Peningkatan PAD

Senator Bali Minta Bapenda Bali Genjot Peningkatan PAD

KS, BALI – Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI), Bambang Santoso melakukan kunjungan kerja ke Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Bali. Dalam kunjungan kerja dimasa reses kali ini senator Pulau Dewata mendorong agar Bapeda Provinsi Bali untuk mengoptimalisasikan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Sebagai perwakilan Komite IV DPD RI, pihaknya sedang menjalankan pengawasan pelaksanaan UU nomor 12 tahun 1994 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1985 tentang Pajak Bumi dan Bangunan.

“Penerapan pelayanan pajak Bapenda Provinsi Bali dicermati mendalam mulai dari perencanaan, pembangunan sistem, pelaksanaan sampai dengan kendala dilapangan,” kata Bambang Santoso dalam siaran persnya yang diterima redaksi kabarsenator.com, Rabu (27/10/2021).

Bambang menjelaskan, dalam pertemuan tersebut pihaknya juga membahas strategi kebijakan pemerintah daerah dalam penetapan target Pendapatan Asli Daerah.

Menurutnya, penurunan pencapaian PAD terjadi hampir di seluruh daerah di Indonesia mengalami penurunan capaian PAD. Untuk menyiasatinya, Bapenda Provinsi Bali melakukan berbagai upaya.

“Kami mendorong pengelolaan terpadu pelayanaan pajak yang bersinergi antara Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota dengan beberapa inovasi seperti diskon pajak, gratis BBNKB II, pemutihan atas denda dan layanan jemput pajak dari rumah ke rumah, dll agar menjadi stimulus bagi pembayar pajak untuk taat bayar pajak,” jelasnya.

Dengan memberikan kemudahan dalam melakukan pembayaran dan pendaftaran secara online, cara itu sangat mempermudah masyarakat di masa pandemi Covid-19.

“Kami berharap Bapenda Provinsi Bali melakukan banyak inovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya. (red)

ArabicChinese (Simplified)EnglishIndonesianRussianSpanish