February 4, 2023

Kabar Senator

Media Aspirasi dan Inspirasi Daerah

Home » Prestasi Membangakan PB ESI di Bawah Kepemimpinan Budi Gunawan

Prestasi Membangakan PB ESI di Bawah Kepemimpinan Budi Gunawan

KS, JAKARTA – Indonesia Esports Summit: The 14th World Esports Championship di Bali 2022 secara resmi dibuka pada 2 Desember dan akan berlangsung hingga 11 Desember di Merusaka, Nusa Dua Bali.

IESF Bali 14th World Esports Championship 2022 ternyata menjadi event esports outdoor terbesar di dunia dengan peserta terbanyak, sehingga Pengurus Besar Esport Indonesia (PBESI) juga mencetak sebuah sejarah baru, gelaran IESF Bali 14th WEC 2022 akan tercatat dalam Guiness Book of World Records.

Seperti yang diungkapkan Presiden Federasi Esports Internasional (IESF) Vlad Marinescu dalam sebuah konferensi pers bahwa ajang tersebut akan tercatat dalam Guinness World Book of Records sebagai acara esport terbesar di dunia yang berada di tepi pantai dan diikuti oleh negara terbanyak.

Tentu saja hal ini merupakan momen yang sangat membanggakan. Setelah memegang Presiden G20, citra Indonesia kembali terangkat dengan menjadi tuan rumah sebuah event olahraga bergengsi dunia.

Pertandingan telah dibuka dimulai dari cabang game PUBG Mobile dan Counter-Strike: Global Offensive dalam babak play ins. Nantinya bakal dilanjutkan dengan babak lower dan upper bracket serta grand final pada tanggal 6 Desember 2022.

Setelah perhelatan pertandingan pembukaan dilanjutkan dengan acara opening ceremony atau upacara pembukaan di Earth Stage yang dimulai pukul 19.00 WITA.

Kejuaraan dunia esport tersebut mempertandingkan enam jenis game yaitu Tekken 7, DOTA 2, Mobile Legends: Bang Bang, PUBG Mobile, eFootball 2022 dan CS:GO. Khusus untuk CS:GO akan mempertandingkan kategori CS:GO Male dan CS:GO Female.

Bagi para penggemar esports di Indonesia, bisa menyaksikan persaingan para atlet dari berbagai negara secara offline di Nusa Dua, Bali atau melihat tayangan langsungnya melalui channel Youtube PBESI.

Sebelumnya Dalam keterangan resminya di Surabaya, Ketua PB Esports Indonesia (ESI) Jenderal Polisi Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H., M.Si mengatakan bahwa para atlet yang terpilih untuk mengikuti kompetisi Indonesia Esports Summit 2022 adalah patriot-patriot Bangsa Indonesia yang dituntut untuk bermental baja.

Selain itu, para atlit tersebut juga merupakan orang-orang terbaik yang terpilih dari 270 juta masyarakat Indonesia yang telah berkomitmen untuk menyumbangkan kemampuan terbaiknya demi kejayaan bangsa dan negara di kancah dunia.

Kepada para atlit Esports Indonesia, Budi Gunawan berpesan agar terus disiplin dalam menjaga kesehatan, memastikan persiapan seluruh kebutuhan dan perlengkapan, memanfaatkan waktu untuk menyiapkan diri sebaik-baiknya demi meningkatkan kemampuan, menjaga kekompakan tim, selalu menjaga sportivitas, dan tidak melakukan pelanggaran-pelanggaran sekecil apapun, serta optimis.

Harapan Ketua PB ESI yang juga saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Inyelijen Negara, agar para atlet Indonesia yang bertanding dapat mengharumkan nama bangsa dan negara di kancah Internasional.

E-sports Indonesia (ESI) adalah sebuah organisasi induk cabang olahraga esports di bawah naungan Komite Olahraga Nasional Indonesia. Saat ini, Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) diketuai oleh Budi Gunawan dan memiliki cabang di 34 provinsi dan 512 kabupaten di seluruh Indonesia.

Di bawah kepemimpinan Budi Gunawan, dunia esport Indonesia telah banyak sekali meraih kesuksesan , baik di level nasional maupun internasional setta mengalami.perkembangan yang pesat.

Pada 2021 lalu, PBESI sukses menyelenggarakan pertandingan eksibisi esports pada PON XX di Papua. Pada tahun yang sama juga pada SEA Games 2021 di Vietnam, E-sports Indonesia berhasil meraih enam medali, yakni dua medali emas, tiga perak dan satu medali perunggu. Raihan medali tersebut disumbangkan oleh divisi PUBG Mobile (emas dan perak), Mobile Legends (perak), Free Fire (emas dan perak), dan Crossfire (perunggu).

Saat membagikan bonus kepada para atlet-atlet E-Sports Sea Games yang berprestasi, Ketua Umum Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) Budi Gunawan menyatakan kebanggaannya atas prestasi para atlet e-sports Indonesia. Dirinya berharap, pengembangan esports ke arah yang lebih positif dan mampu untuk membawa kemajuan bangsa.

Budi Gunawan juga mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora) pada Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2022. (ris)

ArabicChinese (Simplified)EnglishIndonesianRussianSpanish