July 18, 2024

Kabar Senator

Media Aspirasi dan Inspirasi Daerah

Home » Kerugian Kebakaran Gunung Bromo Rp5,4 Miliar

Kerugian Kebakaran Gunung Bromo Rp5,4 Miliar

KS, JAWA TIMUR – Kebakaran yang terjadi di Blok Savana Lembah Watangan atau yang dikenal dengan sebutan Bukit Teletubbies di Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur, Kamis (21/9), mengakibatkan kerugian tidak sedikit.

Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) Hendro Widjanarko menyebut nilai kerugian akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Gunung Bromo mencapai Rp5,4 miliar.

“Untuk dampak sudah kami hitung estimasi sekitar Rp5,4 miliar (nilai kerugiannya). Itu terhitung 6 sampai 10 September 2023,” kata Hendro saat meninjau Blok Savana Lembah Watangan atau Bukit Teletubbies di Kabupaten Probolinggo.

Kawasan TNBTS ditutup dari 6 sampai 18 September 2023 akibat kebakaran hutan dan lahan. Ratusan personel dikerahkan untuk memadamkan kebakaran lahan di kawasan taman nasional tersebut selama 6 sampai 14 September 2023.

Hendro menjelaskan penghitungan nilai kerugian akibat karhutla di kawasan Gunung Bromo mencakup biaya pemadaman kebakaran dari darat, kerugian akibat hilangnya habitat satwa, dan kerugian akibat terhentinya aktivitas wisata di taman nasional.
“Untuk wisata, itu gabungan antara Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP), kemudian untuk penyedia jip, warung, hotel, homestay (penginapan), dan lainnya,” ujarnya.
Menurut dia, perhitungan nilai kerugian belum mencakup biaya operasi pengeboman air menggunakan helikopter untuk memadamkan kebakaran lahan serta kerusakan jaringan pipa air akibat kebakaran.

Diketahui ada empat pintu masuk ke TNBTS ditutup total dari 6 sampai 18 September 2023 untuk memudahkan operasi pemadaman kebakaran di kawasan taman nasional. “Penutupan tersebut untuk keamanan pengunjung dan memudahkan operasi pemadaman,” tuturnya.

Kebakaran besar terjadi di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru sejak 6 September 2023. Kebakaran itu terjadi karena ada pengunjung yang menggunakan suar untuk keperluan pengambilan gambar di kawasan taman nasional.

Areal seluas 504 hektare di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru rusak akibat kebakaran tersebut. Areal yang rusak kebanyakan berupa sabana. Gunung Bromo merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Jawa Timur. (int/jp)

ArabicChinese (Simplified)EnglishIndonesianRussianSpanish