January 28, 2023

Kabar Senator

Media Aspirasi dan Inspirasi Daerah

Home » Warga Gowa dan Petugas Bersihkan Puing Rumah Rusak Akibat Angin Kencang

Warga Gowa dan Petugas Bersihkan Puing Rumah Rusak Akibat Angin Kencang

KS, JAKARTA – Para warga masih bergotong royong untuk membersihkan puing-puing rumah yang rusak akibat angin kencang di Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan, pada Kamis petang (5/1/2023). Fenomena yang merusak ratusan rumah berlangsung pada Jumat lalu (30/12/2022), pukul 14.00 waktu setempat.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Goa dan unsur terkait lainnya membantu warga yang rumahnya terdampak bencana angin kencang. Personel gabungan dari dinas pekerjaan umum, dinas sosial, TNI, Polri, petugas kecamatan dan kelurahan serta relawan berada di lokasi terdampak bersama warga. 

Sementara itu, bencana ini mengakibatkan sebanyak 116 rumah terdampak akibat anging kencang yang terjadi bersamaan dengan hujan lebat. Rumah warga yang mengalami rusak ringan sebanyak 33 unit, rusak sedang 9 dan rusak berat 1. BPDB tidak merinci tingkat kerusakan pada 75 unit rumah warga lainnya.

Meskipun terjadi kerusakan pada rumah warga, BPBD Kabupaten Gowa tidak mengidentifikasi adanya warga yang mengungsi.

Berdasarkan informasi dari tim reaksi cepat BPBD Kabupaten Gowa, warga yang berada pada sejumlah desa di 4 kecamatan merasakan fenomena angin kencang tersebut. Desa atau kelurahan yang teridentifikasi antara lain, Desa Manjalling, Mandalle, Tanabangka, Borimatangkasa, Gentungang dan Kalemandalle di Kecamatan Bajeng Barat, Desa Moncobalang, Lembang Parang, Tamannyeleng, Biringala, Tinggimae dan Benteng Somba Opu di Kecamatan Barombang, serta dua kecamatan lain. Dua kecamatan tersebut antara lain Kecamatan Pallanga dan Parangbanoa. (Wid)

ArabicChinese (Simplified)EnglishIndonesianRussianSpanish