April 15, 2024

Kabar Senator

Media Aspirasi dan Inspirasi Daerah

Home » Team Patroli Satpolair Polres Kepulauan Seribu Memperkuat Keamanan Laut di Pulau Lancang

Team Patroli Satpolair Polres Kepulauan Seribu Memperkuat Keamanan Laut di Pulau Lancang

KS, JAKARTA – Team Patroli Satpolair Polres Kepulauan Seribu menggunakan Kapal Patroli KP. VII – 40 – 203 menjalankan kegiatan patroli laut dialogis di perairan Pulau Lancang, Kepulauan Seribu Selatan, Selasa (12/03/2024). Dalam patroli tersebut, mereka memberikan himbauan penting mengenai keselamatan kepada para nelayan sekaligus melakukan antisipasi terhadap potensi tindak kejahatan dilaut.

Kasat Polair Polres Kepulauan Seribu, AKP Dasiman, menegaskan pentingnya penerapan keselamatan bagi para nelayan. “Keselamatan dalam beraktivitas dilaut merupakan hal yang mutlak. Kami menghimbau agar para nelayan selalu menggunakan life jacket sebagai alat keselamatan utama mereka saat berlayar,” ujarnya.

Selain memberikan himbauan keselamatan, patroli juga dilakukan sebagai upaya antisipasi terhadap tindak kejahatan dilaut, termasuk ilegal fishing. “Kami mengajak seluruh nelayan untuk tidak terlibat dalam kegiatan ilegal fishing yang merugikan. Laporkan setiap kejadian yang mencurigakan kepada pihak berwajib,” tambah AKP Dasiman.

Para nelayan juga diingatkan untuk waspada terhadap cuaca buruk yang dapat membahayakan keselamatan mereka. “Sediakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di kapal sebagai langkah awal dalam menghadapi situasi darurat,” saran AKP Dasiman.

Patroli laut yang dilakukan oleh Team Patroli Satpolair Polres Kepulauan Seribu merupakan wujud nyata dari upaya pihak kepolisian dalam menjaga keamanan dan keselamatan para nelayan serta memastikan keamanan perairan Kepulauan Seribu. Diharapkan, dengan adanya himbauan dan antisipasi yang dilakukan, dapat tercipta lingkungan laut yang aman dan sejahtera bagi seluruh masyarakat nelayan. (ris)

ArabicChinese (Simplified)EnglishIndonesianRussianSpanish