January 28, 2023

Kabar Senator

Media Aspirasi dan Inspirasi Daerah

Home » RI Kuatkan Hubungan Bilateral dengan Kenya di Bidang Polhukkam

Duta Besar RI di Nairobi, Mohamad Hery Saripudin, melakukan kunjungan kehormatan kepada Ketua Komite Etik dan Anti Korupsi (EACC) Kenya. dok

RI Kuatkan Hubungan Bilateral dengan Kenya di Bidang Polhukkam

KS, NAIROBI – Guna meningkatkan hubungan bilateral dibidang Politik Hukum dan Keamanan (Polhukkam) dengan negara Kenya, Afrika Timur Duta Besar RI di Nairobi, Mohamad Hery Saripudin, melakukan kunjungan kehormatan kepada Ketua Komite Etik dan Anti Korupsi (EACC) Kenya yang dipimpun oleh Eliud Wabukala.

Ketua EACC Kenya menyampaikan kepada Dubes Hery bahwa pihaknya menyambut positif kemitraan dengan Indonesia, karena menurutnya, kemitraan dapat meningkatkan interdependensi antara lembaga sejenis dan mempermudah kinerja.

Oleh karenanya, Wabukala mengharapkan pertemuan ini dapat menjalin hubungan yang berkelanjutan.

Dari diskusi yang berlangsung antara Duta Besar RI dengan Dr. Wabukala, yang didampingi oleh kelima Komisioner EACC serta CEO dan Wakil CEO EACC, disimpulkan adanya keinginan kuat pihak EACC untuk menjalin kerjasama dengan KPK RI, khususnya untuk bertukar ide serta edukasi anti korupsi.

Duta Besar RI mengapresiasi keseriusan EACC dalam keinginannya untuk bermitra dengan KPK, oleh karenanya, Dubes Hery Saripudin berjanji akan menjembatani inisiasi koordinasi antara EACC dan KPK. Beberapa ruang untuk kemitraan yang diharapkan oleh EACC meliputi program-program pengembangan kapasitas (capacity building), mentorship, pertukaran pengalaman dan best practices, serta pertukaran informasi. (red)

ArabicChinese (Simplified)EnglishIndonesianRussianSpanish