January 28, 2023

Kabar Senator

Media Aspirasi dan Inspirasi Daerah

Home » Presiden Vietnam Nguyen Datang ke MPR, Arsul Sani: Kita Harap Hubungan Antar parlemen Juga Ditingkatkan

Presiden Vietnam Nguyen Datang ke MPR, Arsul Sani: Kita Harap Hubungan Antar parlemen Juga Ditingkatkan


 
KS, JAKARTA – Kedatangan Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc ke MPR disambut dengan hangat oleh Wakil Ketua MPR Arsul Sani SH., MH dan H. Yandri Susanto SPt. Kedatangan Nguyen di Lt. 9, Gedung Nusantara III, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta, 22 Desember 2022, itu merupakan salah satu rangkaian kunjungan kenegaraan di Indonesia. Sebelum bertemu dengan pimpinan MPR, ia melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo dan pimpinan DPR.
 
Arsul Sani mengatakan banyak hal yang dibahas dalam pertemuan tersebut. Sebagai wakil parlemen, pimpinan MPR menyoroti sejumlah hal kerja sama kedua negara agar perlu ditingkatkan. Disebut kerja sama yang perlu ditingkatkan seperti sektor pertanian. Dalam hal olahraga, Indonesia diharap perlu menjalin kerja sama dalam peningkatan prestasi sepakbola. Diakui saat ini sepakbola Vietnam lebih maju dibanding Indonesia meski Indonesia lebih dahulu dalam perkembangan sepakbola.
 
Sebagai anggota parlemen, pimpinan MPR mendukung apa-apa yang sudah disepakati dan dikerjasamakan antara Joko Widodo dan Nguyen. “Sebagai partai koalisi pendukung pemerintahan, pasti kita akan mendukung kesepakatan kedua negara”, ujarnya. Politisi PPP itu berharap hubungan yang dijalin tidak hanya antarpemerintah namun juga antarparlemen. Hal demikian disebut penting sebab sebagai wakil rakyat nanti bisa bercerita banyak tentang apa dan bagaimana negara Vietnam. Begitu juga sebaliknya anggota Parlemen Vietnam juga bisa bercerita banyak tentang apa dan bagaimana Indonesia kepada rakyat Vietnam.
 
Ketika ditanya soal batas laut Indonesia – Vietnam yang belum tuntas, Arsul Sani mengatakan, “masalah itu tengah dibahas oleh pemerintah”. (Wid)

ArabicChinese (Simplified)EnglishIndonesianRussianSpanish