January 28, 2023

Kabar Senator

Media Aspirasi dan Inspirasi Daerah

Home » PMI Lakukan terus Physicological Support Sistem (PSP) Bersama Yon Armed 5

PMI Lakukan terus Physicological Support Sistem (PSP) Bersama Yon Armed 5

KS, CIANJUR – Palang Merah Indonesia terus lakukan Dukungan Psikososial atau Physicological Support System (PSP) kali ini bersama TNI Batalyon Armed 5 di Posko Taman Prawatasari Joglo Kelurahan Sawah Gede Kecamatan Cianjur, (1/12/2022).

Tutur Ny. Adinda Norman Yon Armed 5, “Tadi saya membantu Palang Merah Indonesia membagikan hadiah ke anak anak, jadi saya membantu untuk memancing semanagat anak anak dengan membagikan pertanyaan yang bisa membangkitkan semangat anak anak.”

“Respon terhadap mental anak, sebenarnya yang paling utama itu adalah mental. Ketika bencana seperti ini terutama anaka-anak, jadi kita harus melakukan terapi/trauma healing untuk anak-anak. Apapun yang terjadi atau nanti ketika ada gempa susulan, anak-anak itu siap untuk melakukan apa yang harus dia lakukan. Contohnya kita harus mengajarkan anak-anak untuk berlindung dibawah meja atau berlindung di tempat-tempat yang aman atau bahkan mengajak anak-anak belajar untuk berlari ketika ada gempa, jadi mereka tau apa yang harus mereka lakukan dan tentunya orangtua sangat berperan penting memberikan kekuatan kepada anak-anak.”

“Harapan saya kedepannya lebih banyak lagi relawan seperti temen temen dari Palang Merah Indonesia. Karena teman teman relawanlah yang mampu untuk membangkitkan kembali mental anak-anak, mental para korban bencana disini”.

Sasaran PSP kali ini mencapai 150 anak dan 100 orang dewasa. Mereka berkumpul dan para orangtua mendampingi edukasi tentang gempa dan mental saat terjadi gempa susulan.

“Tasya (13), main game, nyanyi, sama cuci tangan sangat seru dan senang. Semoga gak ada lagi bencana dan cepat pulih”.

“Anak-anak sangat senang terhibur juga ekspresif. Dan alhamdulillah bantuan PMI & TNI juga bisa mendukung Physikologi dan sosial dari anak-anak dan orangtua yang ada disini. Mudah-mudahan dengan adanya program ini anak-anak bisa terhibur dan kembali seperti bisa” ujar Indri (petugas PSP).

S, CIANJUR – Palang Merah Indonesia terus lakukan Dukungan Psikososial atau Physicological Support System (PSP) kali ini bersama TNI Batalyon Armed 5 di Posko Taman Prawatasari Joglo Kelurahan Sawah Gede Kecamatan Cianjur, (1/12/2022). Tutur Ny. Adinda Norman Yon Armed 5, “Tadi saya membantu Palang Merah Indonesia membagikan hadiah ke anak anak, jadi saya membantu untuk memancing semanagat anak anak dengan membagikan pertanyaan yang bisa membangkitkan semangat anak anak.” “Respon terhadap mental anak, sebenarnya yang paling utama itu adalah mental. Ketika bencana seperti ini terutama anaka-anak, jadi kita harus melakukan terapi/trauma healing untuk anak-anak. Apapun yang terjadi atau nanti ketika ada gempa susulan, anak-anak itu siap untuk melakukan apa yang harus dia lakukan. Contohnya kita harus mengajarkan anak-anak untuk berlindung dibawah meja atau berlindung di tempat-tempat yang aman atau bahkan mengajak anak-anak belajar untuk berlari ketika ada gempa, jadi mereka tau apa yang harus mereka lakukan dan tentunya orangtua sangat berperan penting memberikan kekuatan kepada anak-anak.” “Harapan saya kedepannya lebih banyak lagi relawan seperti temen temen dari Palang Merah Indonesia. Karena teman teman relawanlah yang mampu untuk membangkitkan kembali mental anak-anak, mental para korban bencana disini”. Sasaran PSP kali ini mencapai 150 anak dan 100 orang dewasa. Mereka berkumpul dan para orangtua mendampingi edukasi tentang gempa dan mental saat terjadi gempa susulan. “Tasya (13), main game, nyanyi, sama cuci tangan sangat seru dan senang. Semoga gak ada lagi bencana dan cepat pulih”. “Anak-anak sangat senang terhibur juga ekspresif. Dan alhamdulillah bantuan PMI & TNI juga bisa mendukung Physikologi dan sosial dari anak-anak dan orangtua yang ada disini. Mudah-mudahan dengan adanya program ini anak-anak bisa terhibur dan kembali seperti bisa” ujar Indri (petugas PSP). (ris)

ArabicChinese (Simplified)EnglishIndonesianRussianSpanish