October 7, 2022

Kabar Senator

Media Aspirasi dan Inspirasi Daerah

Home » Perayaan Waisak Di Magelang Dihadiri Raja-Raja Se Nusantara

Perayaan Waisak Di Magelang Dihadiri Raja-Raja Se Nusantara

KS, Magelang – Perayaan Trisuci Waisak yang ke-2566 yang digelar di Kawasan Candi Pawon Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya.

Foto bersama Raja-Raja Se Nusantara

Acara yang bertema Annual Borobudur International World Peace & Prosperity Event di hadiri oleh raja-raja se-nusantara, dan para tokoh agama dengan bersama-sama berdoa untuk perdamaian dan saksi bersatunya budaya.

BACA JUGA : Ketua DPD RI Sandang Gelar Ampon Chiek dari Kerajaan Beutong Aceh

Terdapat beberapa agenda yang dilakukan di lokasi peringatan tersebut, selain doa lintas agama, tarian budaya, pelepasan burung merpati, pelepasan ikan dan penyiraman tanaman di area candi sebagai lambang perdamaian.

“acara ini diadakan dengan harapan agar Candi Pawon dapat menjadi simbol pengingat pentingnya perdamaian dunia, serta upaya bersama untuk memulihkan UMKM setempat agar dapat segera bangkit paska Pandemi Covid-19,” kata Jeffrey Yunus, ketua panita penyelenggara dalam sambutannya. Minggu (15/05/22)

Peristiwa itu menjadi momen khusus bagi Okagawa Hiroshi, President Janesia (Japan Indonesia) yang datang ke Indonesia untuk memperkuat hubungan Indonesia-Jepang.

Kedatangan Okagawa  tidak dalam rangkaian bisnis ekonomi semata namun juga dibidang budaya, teknologi, kemanusiaan sehingga tercipta perdamaian dunia.

Harno dan Okagawa (dari kanan ke kiri)

Selama di Indonesia Okagawa selalu di dampingi rekan kerjanya di Indonesia Harno yang merupakan warga Magelang dan sudah banyak berkoordinasi dengan pihak Jepang lebih dari 20 tahun.

“Kami sering koordinasi masalah apapun, baik pengiriman siswa untuk belajar ke Jepang, bisnis, maupun soal budaya. Okagawa sendiri sudah menjalin hubungan dengan hampir seluruh kerajaan di Indonesia.” Ujar Harno ditengah acara.

BACA JUGA : Kepala Daerah Fokus Tuntaskan Penurunan Angka Kemiskinan

Acara doa bersama lintas agama tersebut berlangsung sederhana, selain peserta undangan yang hadir dilokasi, warga sekitar, hingga peserta undangan yang mengikuti acara melalui daring (online) untuk berdoa di rumah dengan mengikuti tayangan melalui aplikasi Zoom yang disiarkan secara langsung.

Pelepasan Burung Merpati Sebagai Lambang Perdamaian
Perayaan Waisak di Candi Pawon, Magelang
ArabicChinese (Simplified)EnglishIndonesianRussianSpanish