July 17, 2024

Kabar Senator

Media Aspirasi dan Inspirasi Daerah

Home » Nebar Benih Ikan, Warnai Baksos Panitia Dharma Santi 2023

Nebar Benih Ikan, Warnai Baksos Panitia Dharma Santi 2023

KS, JAKARTA – Sebagai rangkaian perayaan Dharma Santi Nasional 2023, hari ini (1/4/2023), telah dilaksanakan acara Bakti Sosial yang kali ini mengangkat tema “Menabur Benih Kebaikan, Menuai Kehidupan Harmonis”. Kegiatan Bakti Sosial ini adalah salah satu dari seluruh rangkaian kegiatan panitia Nasional Dharma santi Nasional 2023.  Yang menarik adalah, Bakti Sosial kali ini melaksanakan beberapa agenda kegiatan yag dilakukan secara bebarengan, yaitu Melepas Burung, Melepas Bibit Ikan serta Memberikan Santunan kepada Anak Yatim dan Disabilitas oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dan  Yayasan Yatim Piatu Hindu (Yapindu) Anatha.

Salah satu agenda kegiatan yang paling menarik adalah melepas Ikan, dimana Panitia pelaksana sudah menyiapkan bibit ikan emas sebanyak 1945 ekor sesuai dengan tahun saka pada perayaan NYEPI tahun ini. Pelepasan bibit Ikan dilaksanakan di Danau Samudera, Komplek Balai Samudera, Kelapa Gading pada, Sabtu, Tanggal 1 April 2023, Pukul : 08.00-10.00wib, hari ini.

Dalam pernyataannya kepada awak media, Drg. Nyoman Suarthanu.MAP, sebagai koordinator acara bakti sosial, bahwa “dalam menyukseskan acara ini, kerja keras panitia dalam membangun kolaborasi dengan pihak-pihak yang terkait sangatlah nyata. Ditambah lagi dukungan dari Umat Hindu se-Jabodetabek yang sangat besar, membuat acara ini mampu berjalan dengan sukses, lancar dan sesuai dengan harapan kita bersama”, ujar pria Bali ini penuh antusias.

Dalam laporan pidato sambutannya, Ketua Panitia Dharma Santi Nasional 2023, Laksamana Pertama IGP Alit Jaya, M.Si, juga berpesan bahwa “Harapan dari kegiatan ini, akan memberikan manfaat bagi kita, bukan hanya simbolis, namun memberikan pemahaman bagi kita dalam merealisasikan nilai nilai luhur dalam kehidupan yang harmonis”, ujar Alit.

Seperti kita ketahui bersama bahwa Menebar benih Ikan di danau memiliki tujuan yang sangat mulia yaitu Menjaga kelestarian danau serta Menjaga ekosistem alam. Restocking atau penebaran ikan ini bertujuan untuk menambah kekayaan hayati  perairan umum, seperti sungai atau danau. Keberadaan ikan sangat penting bagi keseimbangan ekosistem sungai atau danau, yang akhir akhir ini banyak terkontaminasi bahan pencemar dari luar. Penebaran bibit ikan dilakukan pada suhu rendah, yaitu dipagi hari agar ikan bisa bertahan dalam perjalanan menuju lokasi penebaran, dan tidak kesulitan  menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Serah terima benih ikan dari Ketua Dharma Santi Nasional 2023 kepada beberapa tamu undangan, disaksikan oleh ratusan umat Hindu Jabodetabek. Diharapkan ikan tersebut dijaga kelestariannya, sehingga dapat memberikan manfaat bagi penduduk sekitarnya.

Tujuan restocking adalah untuk mengembalikan fungsi dan peran perairan umum sebagai ekosistem akuatik yang seimbang. Keberadaan ikan pada suatu perairan akan memberikan manfaat baik bagi ekosistem pada perairan tersebut, maupun bagi manusia sebagai bahan pangan. Tentu saja ini adalah bukti nyata nilai-nilai Tri Hita Karana yang menjadi fondasi dasar pelaksanakan hari raya NYEPI dan perayaan Dharma santi Nasional 2023 ini.

Antusias yang luar biasa juga hadir dari seluruh umat Hindu Jabodetabek, ada ratusan umat Hindu berkumpul untuk menyukseskan acara Bakti Sosial ini. Turut hadir juga Ibu Menteri PPPA, Ibu Bintang Puspayoga, Kepala Satuan Angkatan Laut, Ketua Umum PH PHDI Pusat ( Bpk Mayjen (Purn) Wisnu Bawa Tenaya, Wadan Lantamal III, Perwakilan dari Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI, Anggota DPR RI Komisi VIII (Bp. I Komang Koheri, SE), Kepala Induk Koperasi AL ( Kol Arwani Ketua Bid Usaha Inkopal), Pimpinan Ormas Hindu tingkat Nasional, PHDI se-Jabodetabek, Ketua STAH Dharma Nusantara Jakarta, Ketua Yayasan Piatu Hindu (Yapindu), Perwakilan Banjar se-Jabodetabek, serta Tokoh tokoh Hindu se-jabodetabek. (Wid)

ArabicChinese (Simplified)EnglishIndonesianRussianSpanish