October 7, 2022

Kabar Senator

Media Aspirasi dan Inspirasi Daerah

Home » Miris, Ratusan Warga Di Pemalang Positif HIV/ AIDS

Miris, Ratusan Warga Di Pemalang Positif HIV/ AIDS

KS, PEMALANG – Angka penderita penyakit HIV/AIDS di Kabupaten Pemalang, Jawa Tenggah jumlahnya mencapai 775 kasus, satu diantaranya terdapat seorang balita yang terinfeksi virus tersebut. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang, Yulies Nuraya, Kamis (1/9/2022) kemarin.

Menurutnya, jumlah tersebut merupakan komulatif sejak tahun 1993 sampai bulan Juli 2022. Dimana Dinas Kesehatan Pemalang telah melakukan pendataan dan pencatatan sesuai dari hasil laporan dan pemeriksaan.

“Data itu Kumulatif, berkaitan dengan data Seorang Balita Positif terkena HIV saat berusia 3 tahun, tapi Alhamdulillah sekarang usianya sudah 10 tahun, sampai sekarang masih hidup,” kata Yulies.

Mereka yang terkonfirmasi HIV, lanjut Yulies selalu berada dalam pantauan Dinas Kesehatan meskipun ada sebagaian yang terpapar sudah pindah dari wilayah Kabupaten Pemalang. “Alhamdulillah mereka kita pantau, walaupun kadang ada yang pindah, misalnya ke Jakarta, ada juga yang meninggal,” jelas Yulies.

HIV atau Human Immunodeficiency Virus, merupakan Retrovirus yang menjangkiti sel – sel sistem kekebalan pada tubuh manusia , (terutama CD4 positive T-sel dan Macrohages Komponen – Komponen utama sistem kekebalan sel) dan menghancurkan atau mengganggu fungsinya.

HIV sesuai dengan nama penyakitnya, bila tidak diobati dapat makin memburuk dan berkembang menjadi AIDS. Penularan HIV dapat terjadi melalui hubungan seks vaginal atau anal, penggunaan jarum suntik, dan Transfusi darah. (rgl)

ArabicChinese (Simplified)EnglishIndonesianRussianSpanish