April 24, 2024

Kabar Senator

Media Aspirasi dan Inspirasi Daerah

Home » Megawati Soekarnoputri Berharap Pemilu 2024 Tidak Ada kecurangan

Megawati Soekarnoputri Berharap Pemilu 2024 Tidak Ada kecurangan

KS, JAKARTA – Presiden ke-5 RI sekaligus Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri berharap pelaksanaan Pemilihan Umum 2024 tidak terjadi kecurangan.

“Tolong diingat, jadi saya sangat berharap bahwa pemilu pun yang sekarang ini tidak ada lagi kecurangan,” kata Megawati usai menyalurkan hak pilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 053, Jalan Kebagusan IV Dalam, Kelurahan Kebagusan, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu.

Oleh sebab itu, Megawati mengimbau masyarakat, termasuk wartawan, untuk mengawasi potensi terjadinya kecurangan selama Pemilu 2024.

“Siapa pun yang melakukan intimidasi, kecurangan, dan lain sebagainya harus dilaporkan karena itu adalah hak, hak daripada hukum di republik ini. Ingat, di konstitusi kita disebutkan setiap warga negara di mana pun mereka berada itu mempunyai hak yang sama di mata hukum,” ujarnya.

Megawati mengingatkan bahwa hak untuk memilih pada Pemilu 2024 merupakan hak bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Dengan demikian, maka jangan takut, jangan juga ragu, milihlah dengan hati nurani karena pemilu ini sebenarnya hanya sarana sementara untuk mencari seorang pemimpin bagi negara kita,” tuturnya.

Walaupun demikian, Megawati mengaku mendapatkan banyak berita bahwa banyak pemilih yang seharusnya mampu untuk ikut mencoblos, tetapi tidak dapat menggunakan hak pilihnya.

Pada hari pemungutan suara 14 Februari 2024, Megawati menggunakan hak pilih bersama keluarga besar, yakni bersama anaknya, Ketua DPR RI Puan Maharani dan Muhammad Prananda Prabowo. Selain itu, tampak cucu Megawati, Diah Pikatan Orissa Putri Hapsari.

“Alhamdulillah pada hari ini saya bersama keluarga besar saya telah melaksanakan tugas yang memang sudah seharusnya dilakukan melalui konstitusi kita, yaitu pemilihan umum,” kata Megawati.

Pemilu 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten/kota dengan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih. (Wid)

ArabicChinese (Simplified)EnglishIndonesianRussianSpanish