April 15, 2024

Kabar Senator

Media Aspirasi dan Inspirasi Daerah

Home » Komisi IV Pantau Stok dan Harga Komoditas Pangan Jelang Idul Fitri

Komisi IV Pantau Stok dan Harga Komoditas Pangan Jelang Idul Fitri

KS, JAKARTA – Tim Kunjungan Kerja Komisi IV DPR RI yang dipimpin Anggota DPR RI Endro Hermono meninjau ketersediaan dan kondisi harga komoditas pangan strategis menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah di Pasar Johar, Semarang, Jawa Tengah. Komisi IV menerima beberapa masukan dari para pedagang terkait tantangan yang mereka hadapi dalam menjaga persediaan bahan pokok, serta faktor-faktor yang memengaruhi harga sembako, seperti kenaikan permintaan menjelang Lebaran.

“Kita harus pantau produksi persediaan bahan pokok karena seperti kita tahu terjadi banjir di beberapa kota, lalu kemacetan, jangan sampai hal tersebut mempengaruhi stok dan harga di lapangan. Jadi hal tersebut harus diantisipasi dan terus kita pantau,” ujar Endro usai memimpin Kunjungan Kerja Komisi IV DPR RI ke Pasar Johar, Semarang, Jawa Tengah, Senin, (1/4/2024).

Selain itu, Endro juga mendapatkan temuan bahwa harga cabai di Pasar Johar mengalami kenaikan dari Rp28.000 menjadi Rp38.000. Ia mengungkapkan kenaikan tersebut masih dalam batas yang wajar karna kenaikan harga cabai pernah mecapai Rp. 41.000 rupiah dahulu.

“Kita tanya pada bidang pertanian tadi, cabai-cabai yang ada di ladang dan siap panen melimpah. Sehingga walaupun kebutuhan banyak dan permintaan meningkat harga tidak akan melonjak tinggi karena stok tersedia,” pungkasnya.

Politisi Partai Gerindra tersebut juga menekankan pentingnya menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok, terutama mengingat dampaknya bagi masyarakat yang mempersiapkan kebutuhan Lebaran. Endro menegaskan komitmennya untuk terus memperjuangkan kebijakan yang mendukung stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok yang terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat. (Wid)

ArabicChinese (Simplified)EnglishIndonesianRussianSpanish