February 24, 2024

Kabar Senator

Media Aspirasi dan Inspirasi Daerah

Home » Kapolres Kepulauan Seribu dan Pabung Kodim 0502 Jakarta Utara Pimpin Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS

Kapolres Kepulauan Seribu dan Pabung Kodim 0502 Jakarta Utara Pimpin Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS

KS, JAKARTA – Kapolres Kepulauan Seribu, AKBP Jarot Sungkowo, S.H., S.I.K., dan oleh Letkol Inf Budi Siswandi, S.E Pabung Kodim 0502 Jakarta Utara memimpin Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Polres Kepulauan Seribu yang digelar di Kantor Perwakilan Polres Kepulauan Seribu, Marina Ancol Jakarta, pada Selasa (13/02/2024).

Acara tersebut turut dihadiri serta Mayor Czi. Hernowo Danramil Kepulauan Seribu, Wakapolres Kepulauan Seribu, Pejabat Utama Polres Kepulauan Seribu, anggota pengamanan TPS dan personel Koramil Kepulauan Seribu.

Dalam amanatnya, Kapolres menjelaskan bahwa terdapat 88 titik TPS di wilayah hukum Polres Kepulauan Seribu, terdiri dari 78 TPS kategori Rawan dan 10 TPS kategori Sangat Rawan. Sebanyak 98 personel akan melaksanakan pengamanan di TPS tersebut, dengan rincian 1 personel Polri untuk setiap TPS yang rawan, dan 2 personel Polisi untuk setiap TPS yang sangat rawan atau lokasi TPS khusus.

Sebanyak 80 personel digeser ke lokasi TPS dari Dermaga Marina Ancol, sementara 8 personel bergeser ke PHE OSES dari Pelabuhan Kalijapat yang dipimpin oleh Wakapolres Kepulauan Seribu, dan 8 personel lainnya bergeser ke PHE ONWJ dari Pelabuhan Marunda yang dipimpin oleh Kabagops Polres dan 2 personel bergeser ke Pulau Sabira dari Dermaga Kaliadem.

Kapolres menekankan kepada seluruh personel yang melakukan pengamanan, untuk tetap menjaga kehormatan institusi, sadar akan keberadaan kamera, dan yang paling penting, menjaga netralitas. Koordinasi yang baik dengan unsur Pemda dan TNI juga menjadi hal yang sangat ditekankan guna memastikan pelaksanaan tugas berjalan lancar dan kondusif.

Sementara itu, untuk memastikan kesehatan personel, dilakukan pengecekan kesehatan oleh Sidokkes Polres Kepulauan Seribu. Kapolres beserta Pabung Kodim 0502 Jakarta Utara, didampingi Wakapolres dan para Pejabat Polres, melepas keberangkatan personel dari Dermaga Marina Ancol menuju tujuan masing-masing TPS, seperti di Pulau Lancang, Pulau Tidung, Pulau Payung menggunakan KM Zevolution 5, serta Pulau Untung Jawa, Pulau Pari, Pulau Pramuka, Pulau Kelapa,dan Pulau Harapan menggunakan KM Pramuka Express. (ris)

ArabicChinese (Simplified)EnglishIndonesianRussianSpanish