April 21, 2024

Kabar Senator

Media Aspirasi dan Inspirasi Daerah

Home » Erick Thohir Pastikan Indonesia Melawan Argentina Digelar Pada 19 Juni

Erick Thohir Pastikan Indonesia Melawan Argentina Digelar Pada 19 Juni

KS, JAKARTA – Ketua Umum PSSI Erick Thohir memastikan  timnas Argentina akan datang ke Indonesia untuk menjajal kekuatan timnas Indonesia di  FIFA Match Day pada 19 Juni mendatang. Kepastian ini disampaikan Erick saat menggelar  Press Conference Stadion Utama GBK, Rabu (24/05/2023).

Erick mengatakan kabar dari federasi sepakbola Argentina (AFA) melalui website dan media social adalah benar bahwa Indonesia masuk sebagai lawan tanding Argentina dalam program tour asia 2023.  Bahkan, PSSI telah menerima surat dari AFA maupun persetujuan dari FIFA terkait pertandingan uji coba ini.

“Saya bisa jawab hari ini setelah punya surat persetujuan dari FIFA, dari AFA (asosiasi sepakbola Argentina), jadi ini serius nggak kaleng-kaleng,” tegas Erick.

Erick Thohir menjelaskan,  kabar baik itu diperoleh setelah dirinya bertemu dengan perwakilan AFA saat digelarnya Kongres FIFA di Rwanda pada 16 Maret lalu. Dalam pertemuan tersebut, Erick mengusulkan agar Indonesia dapat menjadi lawan Argentina pada FIFA Match Day. Dan akhir usulan tersebut disambut baik pihak AFA.

“Pembicaraan pertama di Kongres Rwanda, kita tidak memakai siapapun (agen-red), kita bicara langsung, dan direspon positif,” ungkap Menteri BUMN ini.

“Saya apresiasi sahabat-sahabat saya dari Argentina. Argentina ingin hadir di Indonesia untuk turut membangun sepakbola Indonesia. Ini bagian persahabatan dua negara, ini momentum buat sepakbola Indonesia menjaga kebangkitannya,” tambahnya.

Lebih lanjut, Erick mengatakan  uji coba melawan Argentina akan menjadi pertandingan bersejarah bagi Indonesia karena untuk kali pertama timnas menghadapi negara berperingkat 1 FIFA.

Karena itu, Erick berharap, semua pemain, termasuk pelatih harus memanfaatkan momen langka ini untuk meningkatkan skill, mental, dan strategi bertanding melawan tim dengan nama besar.

“Tujuan utama dari FIFA Match Day, tak lain mengasah mental, skill, dan mendapat pengalaman bertanding melawan tim-tim dari luar Asia Tenggara dan Asia. Garuda harus terbang lebih tinggi. Karena melihat di SEA Games kemarin, saya lihat pentingnya kekuatan mental pemain dalam menghadapi tekanan. Argentina saya yakini, dengan status juara dunia dan peringkat 1 FIFA akan memberi tekanan, baik mental, teknik, atau strategi bagi timnas Indonesia. Tinggal bagaimana kita mengatasinya,” ujar Erick

Terkait agenda FIFA Match Day yang akan dijalani timnas pada bulan Juni, Erick menyatakan sebelum melawan Argentina, timnas Garuda akan ditantang Palestina. La Albiceleste, julukan bagi Argentina, menjadi negara berperingkat rangking FIFA paling tinggi yang siap beruji coba dengan timnas Merah Putih. Sebelumnya, Indonesia pernah menjalani uji coba melawan Uruguay yang kini menempati peringkat 16 FIFA di tahun 2011, Belanda (16 FIFA) di tahun 2013, dan Kamerun (42 FIFA) pada 2015.

“Ini menjadi sejarah karena baru pertama kalinya Indonesia beruji coba dengan peringkat pertama sepakbola dunia. Apalagi fansnya Argentina, Messi, atau Lautaro Martinez yang kini bermain di Inter, banyak di Indonesia. Jadi saya yakin, penonton akan banyak hadir di stadion, tak hanya untuk melihat para bintang Argentina, tapi juga rindu nonton timnas main di kandang,” tutur Erick. (Wid)

ArabicChinese (Simplified)EnglishIndonesianRussianSpanish