April 24, 2024

Kabar Senator

Media Aspirasi dan Inspirasi Daerah

Home » Bhabinkamtibmas Pulau Lancang Imbau ABK Kapal Ojek Patuhi Protokol Keselamatan Berlayar

Bhabinkamtibmas Pulau Lancang Imbau ABK Kapal Ojek Patuhi Protokol Keselamatan Berlayar

KS, JAKARTA – Sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran akan keselamatan di perairan, Bhabinkamtibmas Pulau Lancang, Polres Kepulauan Seribu Briptu Tulus, melakukan sambang dialogis ke ABK/Nahkoda Kapal Ojek di Pulau Lancang, Kepulauan Seribu Selatan, pada Rabu (13/04/2024).

Dalam pertemuan tersebut, Briptu Tulus memberikan himbauan kepada Nahkoda kapal dan ABK Kapal untuk selalu menggunakan life jacket saat berada di atas kapal. Hal ini bertujuan untuk menjaga keselamatan dan mengurangi risiko kecelakaan di perairan.

Selain itu, Bhabinkamtibmas juga mengimbau kepada Nahkoda dan ABK kapal agar memastikan kapasitas penumpang tidak melebihi kapasitas yang ditentukan. Langkah ini diambil guna mencegah terjadinya kelebihan muatan yang dapat membahayakan keselamatan penumpang dan kapal itu sendiri.

Tidak hanya itu, Briptu Tulus juga menekankan pentingnya kelengkapan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) di kapal penyeberangan penumpang. Hal ini sebagai langkah preventif dalam menghadapi keadaan darurat yang mungkin terjadi di tengah laut.

Terakhir, Bhabinkamtibmas mengingatkan Nahkoda dan ABK kapal untuk memiliki daftar nomor telepon penting, seperti Polisi, SAR (Search and Rescue), dan Hotline 110. Hal ini agar memudahkan dalam koordinasi dan penanganan darurat apabila diperlukan.

Dengan adanya himbauan dan dialogis ini, diharapkan kesadaran akan keselamatan di perairan Kepulauan Seribu semakin meningkat, sehingga dapat mengurangi risiko kecelakaan dan memastikan perlindungan terhadap para penumpang kapal. (ris)

ArabicChinese (Simplified)EnglishIndonesianRussianSpanish