September 23, 2023

Kabar Senator

Media Aspirasi dan Inspirasi Daerah

Home » Walikota Bekasi Resmikan Gedung Pasraman Tirta Bhuana

Walikota Bekasi Resmikan Gedung Pasraman Tirta Bhuana

KS, BEKASI – Suka Duka Hindu Dharma Banjar Bekasi telah merampungkan proses pembangunan Gedung Pasraman Tirta Bhuana. Gedung  yang dibangun mulai Oktober 2021 silam ini rampung lebih cepat dari yang direncanakan. Peresmian dilakukan oleh Walikota Bekasi, Dr. Tri Adhianto Tjahyono bersama Ketua Pengurus Harian Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pusat, Wisnu Bawa Tenaya, Ketua PHDI Provinsi Jawa Barat, I Made Riawan, Ketua PHDI Provinsi DKI Jakarta, Ida Bagus Yudhi Arnawa,  disaksikan oleh Ketua PHDI Kota Bekasi, I Gusti Made Rudita, Ketua Yayasan Tirta Bhuana Bekasi, I Made Prinsip, dan Ketua Banjar Bekasi, I Gede Darmayusa pada Sabtu (9/9/2023) di area Pura Agung Tirta Bhuana Bekasi yang berlokasi di Jalan Jatiluhur Raya No.1, Jakasampurna, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Ketua PHDI Kota Bekasi, I Gusti Made Rudita mengatakan, “Kami ingin membangun prasarana yang memadai untuk belajar dan mengembangkan karakter serta berkegiatan sosial keagamaan Hindu yang nyaman, sembari mengembangkan UKM serta masyarakat sekitar”.

Sementara itu, Ketua Yayasan Tirta Bhuana Bekasi, Made Prinsip menyatakan, “Saat ini yayasan telah mempunyai lembaga pendidikan yang bernama Pasraman Tirta Bhuana. Sebagai misi yayasan maka gedung yang akan dibangun, nantinya akan digunakan untuk  mendukung kegiatan Pendidikan, Sosial, dan Perekonomian.

Dengan diresmikannya Gedung Pasraman dan Serbaguna ini masyarakat dapat segera memanfaatkannya untuk berbagai kebutuhan. Antara lain sebagai fasilitas pendidikan informal agama Hindu, kesenian dan budaya Bali bagi masyarakat Hindu di Bekasi. 

“Gedung Pasraman yang baru juga dilengkapi dengan teknologi IT dan multimedia yang bisa dipakai untuk semua jenis acara online dengan memanfaatkan aplikasi video conference dan recording sehingga semua materi dan program yang berkualitas bisa disebarkan secara lebih luas lagi”, papar I Gede Darmayusa selaku Ketua Banjar Bekasi.

Prosesi peletakan batu pertama Gedung ini sebelumnya dilakukan oleh Walikota Bekasi yang menjabat saat itu Dr. Rahmat Effendi pada tanggal 21 Oktober 2021. Pembangunan Pasraman dan Gedung Serbaguna Tirta Bhuana merupakan bagian dari komitmen PHDI Kota Bekasi, Banjar Bekasi, dan Yayasan Tirta Bhuana Bekasi untuk menciptakan sarana belajar dan pelatihan yang unggul bagi masyakarat Hindu se-Bekasi dan sekitarnya. Pembangunan Gedung ini mendapat dukungan Pemda Kota Bekasi, lembaga pemerintah dan swasta, para donatur, dan tentunya semua warga Bekasi. Ada lebih dari 250 donator yang ikut memberikan support mulai dari tahap persiapan sampai tahap penyelesaian. 

Gedung Pasraman dan Serbaguna ini memiliki 5 lantai, dengan luas sekitar 2500 m2. Fasilitas yang tersedia antara lain ruang belajar dan ruang audio visual dalam rangka pengembangan potensi umat, seperti darma gita, darma wacana, webinar, dan lain-lain. Gedung ini mampu menampung setidaknya 600 siswa/i dari level PAUD, SD dan SMP hingga SMU di wilayah Bekasi untuk belajar agama Hindu, kesenian dan budaya Bali. Gedung ini nantinya akan dilengkapi dengan fasilitas pembelajaran yang lengkap dan modern seperti studio rekaman, perpustakaan, ruang olah raga, ruang pertemuan, dan dengan koneksi WiFI di semua lantai.

Area Gedung Pasraman dan Serbaguna juga akan menjadi ruang kumpul dan pusat kegiatan sosial keagamaan di wilayah Bekasi. Berbagai kegiatan seperti festival keagamaan, bazaar dan kegiatan sosial akademi telah dirancang untuk dijalankan secara rutin di lokasi ini. Lebih dari itu, kehadiran gedung ini akan menjadi ruang tumbuh bagi modernisasi masyarakat Hindu Bekasi pada khususnya. (Wid)

ArabicChinese (Simplified)EnglishIndonesianRussianSpanish