April 15, 2024

Kabar Senator

Media Aspirasi dan Inspirasi Daerah

Home » Viral Pengendara Motor Dipalak, Melintasi Trotoar di Jakpus 

Viral Pengendara Motor Dipalak, Melintasi Trotoar di Jakpus 

KS, JAKARTA – Viral aksi pemalakan sejumlah pria diduga meminta uang kepada pengendara motor yang ingin melintasi trotoar di Jalan Pejompongan Raya, tepat di dekat Gedung DPR, Jakarta Pusat. 

Dalam rekaman video aksi sejumlah pria itu diunggah akun Instagram @fakta.jakarta pada Rabu (27/3/2024). 

Modus aksi sejumlah pria itu, yakni menutup trotoar dengan barier berwarna oranye. Mereka akan membuka penutup apabila ada pengendara yang membayar.

 Terlihat ada juga pria yang berperan menerima uang dari pengendara motor dengan menggunakan ember kecil berwarna putih.  Video yang tersebar luas, sekelompok pria itu mengizinkan pengendara motor untuk lewat trotoar setelah menerima uang. 

“Semua bisa jadi uang bos. Jasa masuk trotoar buka pintu. Motor (membayar) Rp 1.000 atau Rp 2.000,” ucap perekam video. 

Dalam keterangan video yang diunggah akun media sosial itu disebut bahwa kegiatan para pria itu terjadi setiap sore hari. Terkait video itu, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Syafrin Liputo mengatakan, akan berkoordinasi dengan petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk menelusuri kebenaran video tersebut. 

“Saya sudah berkoordinasi dengan Kasatpol PP untuk dilakukan penertiban pak ogah yang menyalahgunakan,” ujar Syafrin saat dikonfirmasi, Kamis (28/3/2024). Syafrin mengatakan, trotoar yang dimanfaatkan para pria yang menerima uang dari pengendara motor untuk melintas itu memang didesain melandai. Tujuannya, untuk memudahkan pejalan kaki dalam mengakses trotoar. 

“Untuk hal ini memang desain trotoar dibuat landai untuk memudahkan pejalan kaki dalam mengakses trotoar,” kata Syafrin. (red/int)

ArabicChinese (Simplified)EnglishIndonesianRussianSpanish