October 1, 2023

Kabar Senator

Media Aspirasi dan Inspirasi Daerah

Home » Team Patroli Satpolair Polres Kepulauan Seribu Memimpin Patroli Laut di Pulau Untung Jawa untuk Menjaga Keamanan dan Keselamatan Berlayar

Team Patroli Satpolair Polres Kepulauan Seribu Memimpin Patroli Laut di Pulau Untung Jawa untuk Menjaga Keamanan dan Keselamatan Berlayar

KS, JAKARTA — Team Patroli dari Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polres Kepulauan Seribu, dengan menggunakan Kapal Patroli KP. VII – 40 – 203, melaksanakan kegiatan patroli laut di perairan Pulau Untung Jawa, yang terletak di Kepulauan Seribu Selatan, Kamis, (31/8/2023).

Tujuan dari patroli ini adalah memberikan imbauan terkait keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) serta keselamatan berlayar kepada para nelayan setempat. Selain itu, patroli ini juga menjadi langkah antisipatif dalam mencegah tindak kejahatan di laut.

AKP Dasiman, Kasat Polair Polres Kepulauan Seribu, menjelaskan pentingnya kegiatan patroli laut dalam menjaga keamanan wilayah perairan. Pulau Untung Jawa, yang merupakan bagian dari Kepulauan Seribu Selatan, memiliki potensi besar sebagai pusat kegiatan nelayan dan berlayar.

Oleh karena itu, memberikan himbauan kamtibmas dan keselamatan berlayar kepada nelayan sangatlah relevan untuk mencegah potensi gangguan keamanan.

Selama patroli laut, tim Satpolair memberikan penyuluhan dan pemahaman kepada nelayan tentang langkah-langkah yang dapat diambil untuk menjaga keselamatan dalam berlayar.

Selain itu, mereka juga berbagi informasi terkait tindakan pencegahan dan respons saat menghadapi situasi darurat di laut, seperti cuaca buruk atau masalah teknis pada kapal.

Tak hanya berfokus pada aspek keselamatan, patroli ini juga merupakan upaya preventif dalam mencegah tindak kejahatan di laut. Dengan adanya kehadiran patroli polisi di perairan, diharapkan dapat memberikan efek jera kepada pihak-pihak yang berniat melakukan kegiatan kriminal.

Hal ini sejalan dengan upaya Polres Kepulauan Seribu dalam menjaga keamanan dan ketertiban di seluruh wilayah Kepulauan Seribu.

Kasat Polair Polres Kepulauan Seribu, AKP Dasiman, menekankan komitmen pihaknya dalam terus memberikan layanan dan perlindungan kepada masyarakat, terutama dalam lingkup maritim.

Dengan kerjasama yang baik antara pihak kepolisian dan masyarakat, diharapkan Pulau Untung Jawa dapat terus menjadi wilayah yang aman, nyaman, dan sejahtera. (ris)

ArabicChinese (Simplified)EnglishIndonesianRussianSpanish