June 23, 2024

Kabar Senator

Media Aspirasi dan Inspirasi Daerah

Home » Survei Polling Institute: Prabowo Unggul di Jabar, Jatim, Sumatera sampai Papua

Survei Polling Institute: Prabowo Unggul di Jabar, Jatim, Sumatera sampai Papua

KS, JAKARTA – Ketua Umum Gerindra yang juga calon presiden Prabowo Subianto mengungguli dua kandidat capres lainnya di sejumlah wilayah. Dalam rilis yang dikeluarkan oleh Polling Institute, Prabowo unggul di daerah Sumatera, Jawa Barat, Jatim, hingga Papua.

“Berdasarkan sebaran wilayah Prabowo unggul di wilayah Sumatera (37,5%), Banten (46,6%), Jawa Barat (35,8%), Jawa Timur (47,9%), Bali-Nusa (39,5%), Sulawesi (37,2%), dan Maluku-Papua (47,2%),” jelas peneliti Polling Institute Kennedy Muslim.

Sementara itu, pada simulasi head to head, Kennedy mengungkap bahwa Prabowo masih mendominasi dengan perolehan gap yang cukup signifikan.

“Simulasi head to head Prabowo Subianto mendapatkan perolehan 47,9% sedangkan Ganjar Pranowo 38,3%,” ungkap Kennedy.

“Prabowo dan Anies, jauh lebih unggul lagi Prabowo. Prabowo 56,0% sementara Anies 26,0%. Selisihnya sekitar 30%. Karena asumsinya, pendukung Ganjar lari ke Prabowo.” lanjutnya.

Survei ini dilakukan pada periode 21-26 agustus 2023 dengan menggunakan Metodologi Random Digit Dialling atau pembangkitan nomor telepon secara acak.

Adapun sampel yang digunakan untuk survei Polling Institute sebanyak 1200 responden dengan kisaran margin of error kurang lebih 2.9% dan tingkat kepercayaan 95%. (ris)

ArabicChinese (Simplified)EnglishIndonesianRussianSpanish