October 7, 2022

Kabar Senator

Media Aspirasi dan Inspirasi Daerah

Home » Sultan: Puasa Meningkatkan Kualitas Spiritual dan Kecerdasan Emosional

Sultan: Puasa Meningkatkan Kualitas Spiritual dan Kecerdasan Emosional

KS, BENGKULU – Mengisi agenda kunjungan ke daerah pemilihan atau reses pada masa sidang ke-V Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI), wakil ketua DPD RI Sultan B Najamudin mengadakan silaturahmi dan Buka Puasa Bersama (Bukber) tokoh masyarakat dan pemuda di Kabupaten Bengkulu Utara pada Selasa (19/04/2022) di kota Arga Makmur.

Setelah menempuh perjalanan selama tiga jam, Sultan bersama tim disambut oleh mantan Bupati Bengkulu Utara Imron Rosyadi di kediaman pribadinya.

Dalam sambutan singkatnya, Sultan mengajak tokoh masyarakat yang hadir untuk mensyukuri nikmat kesempatan dan kesehatan yang diberikan Allah SWT. Kita patut Bersyukur karena masih diberikan kesempatan untuk menjumpai Bulan Ramadhan kali ini dalam keadaan sehat wal Afiat.

“Puasa Ramadhan bukan sekedar ritual ibadah untuk menunaikan perintah Allah, tapi juga merupakan bulan tarbiyah yang memberikan banyak pelajaran hidup kepada Umat Islam yang menjalankannya dengan penuh kesabaran. Puasa secara psikologis, memberikan makna yang mendalam tentang arti penting kesabaran dan konsistensi (istiqomah) dalam berjuang dan mengabdi”, ungkap Sultan.

Menurutnya, Puasa adalah ibadah yang secara langsung berdampak pada kualitas karakter dan kepekaan sosial masyarakat. Puasa mengasah Kecerdasan spiritual sekaligus kecerdasan emosional kita.

“Kecerdasan emosional adalah modal psiko-sosial yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara terutama di masa-masa sulit seperti sekarang ini. Karena untuk menjaga stabilitas sosial politik dan proses pembangunan dan pemulihan ekonomi nasional di tengah fenomena inflasi ini sangat membutuhkan kedewasaan masyarakat”, terang mantan Wakil Gubernur Bengkulu itu.

Dalam dialog dan diskusi terkait situasi ekonomi dan politik daerah tersebut, Sultan mengajak masyarakat untuk menjaga optimisme dan konsisten dalam mendukung program dan agenda pembangunan pemerintah daerah. Pemerintah di semua tingkatan pasti memiliki niat yang baik untuk memajukan daerah dan meningkatkan kualitas kesejahteraan masyarakat.

“Tidak ada Pemerintahan yang kuat dan progres dalam menuntaskan agenda-agenda pembangunan tanpa dukungan masyarakat, dan hanya masyarakat yang sabar dan cerdas secara emosional dalam kehidupan sosial politik yang mampu bertanggung jawab untuk hal itu”, tutupnya.

Selanjutnya, Sultan memberikan bantuan bingkisan lebaran kepada semua masyarakat yang hadir.(din)

ArabicChinese (Simplified)EnglishIndonesianRussianSpanish