January 28, 2023

Kabar Senator

Media Aspirasi dan Inspirasi Daerah

Home » Stasiun KA di Bandung Dipenuhi Penumpang Arus Balik Libur Nataru

Stasiun KA di Bandung Dipenuhi Penumpang Arus Balik Libur Nataru

KS, Bandung – Ratusan pemudik yang mayoritas asal Jawa Tengah dan Jawa Timur terus menerus memadati stasiun Bandung pasca libur panjang natal dan tahun baru (Nataru).

Dalam satu hari PT KAI Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung mencatat ada 12.000 masyarakat yang kembali ke stasiun Bandung.

Padatnya stasiun Bandung dimayotitaskan oleh pemudik asal jawa tengah dan jawa timur yang kembali dari kampung halaman nya sejak hari selasa kemarin yang kembali dari mudik maupun liburan.

Hal ini meningkat hingga 40% dibandingkan dengan masa sebelum Nataru dimana pada masa normal PT KAI hanya menerima 7.000 penumpang.

Menurut Humas Daop 2 Bandung, pergerakan kenaikan penumpang yang datang ke stasiun Bandung terus meningkat setiap harinya pasca libur panjang Nataru di stasiun Bandung.

“Kita ketahui untuk anak sekolah kan sudah mulai kembali masuk sekolah ya, jadi ada kenaikan penumpang, angka ini sudah kami persiapkan sejak awal dan kami hanya menerima, menerima kedatangan arus penumpang dari arah timur tetapi selama masa angkutan nataru kami sudah

menyiapkan langkah-langakah atau skenario untuk melayani penumpang .” Ujar Mahendro Trang Bawono, Humas Daop 2 Bandung.

Di prediksi kedatangan pemudik sendiri akan terus terjadi hingga tanggal 8 Januari mendatang.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat, sebanyak 1.095.714 penumpang telah berpergian menggunakan kereta api jarak jauh ke berbagai tujuan selama delapan hari masa pemberlakuan Angkutan Nataru 2023.

Selama periode yang dimulai 22 sampai 29 Desember 2022, KAI telah melayani rata-rata 136.964 pelanggan per hari dengan keterisian tempat duduk mencapai 102 persen.

Adapun rute yang menjadi favorit penumpang selama libur Nataru antara lain Jakarta – Yogyakarta pp, Jakarta – Solo pp, Jakarta – Surabaya pp, Jakarta – Purwokerto pp, Bandung – Surabaya pp, Yogyakarta – Surabaya pp, Yogyakarta – Banyuwangi pp, dan lainnya.

ArabicChinese (Simplified)EnglishIndonesianRussianSpanish