February 24, 2024

Kabar Senator

Media Aspirasi dan Inspirasi Daerah

Home » Ridwan Kamil Diperiksa Bawaslu Jabar, Ngaku Tidak Langgar Kampanye

Ridwan Kamil Diperiksa Bawaslu Jabar, Ngaku Tidak Langgar Kampanye

KS, JAWA BARAT – Ridwan Kamil, Mantan Gubernur Jawa Barat, diperiksa selama hampir tiga jam oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat pada Senin (29/1/2024).

Pemeriksaan Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo – Gibran tersebut terkait dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan saat kegiatan Jambore Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) di Tasikmalaya.

Ridwan Kamil menjawab 30 pertanyaan dalam pemeriksaan tersebut.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Jabar, Syaiful Bahri, mengungkapkan bahwa pemanggilan Ridwan Kamil bertujuan untuk mendengar penjelasan atau klarifikasi dari yang bersangkutan.

“Bawaslu menyampaikan kurang lebih 30 pertanyaan berkaitan dengan substansi klarifikasi di mana kami menanyakan berkaitan dengan fakta dan kegiatan-kegiatan yang ada di lokasi,” kata Syaiful ditemui seusai kegiatan di Kantor Bawaslu Jabar.

Sebelum memeriksa Ridwan Kamil, pihak Bawaslu juga memanggil pihak pelapor, yaitu DEEP Indonesia.

Dijelaskan Syaiful, bahwa Bawaslu Jabar bersama Gakkumdu akan melanjutkan proses dengan mengumpulkan informasi dari pemeriksaan pelapor, saksi, terlapor, dan jika perlu, akan meminta pendapat ahli terkait video yang menjadi dasar dugaan politik uang dalam Jambore DPD Tasikmalaya.

Ridwan Kamil, setelah pertemuan dengan Bawaslu, menyatakan tiga poin penting. Salah satu poinnya adalah bahwa tidak ada unsur pelanggaran pemilu dan politik uang dalam Jambore DPD Tasikmalaya.

Menurutnya, bukti yang diajukan sebagian besar berupa video potongan, dan dia menegaskan bahwa dirinya adalah undangan dalam acara tersebut. (red/int)

ArabicChinese (Simplified)EnglishIndonesianRussianSpanish