June 23, 2024

Kabar Senator

Media Aspirasi dan Inspirasi Daerah

Home » Polsek Kepulauan Seribu Selatan Ikut Serta Melakukan Penanaman Mangrove Nasional

Polsek Kepulauan Seribu Selatan Ikut Serta Melakukan Penanaman Mangrove Nasional

KS, JAKARTA – Polsek Kepulauan Seribu Selatan turut berpartisipasi dalam kegiatan penanaman mangrove nasional secara serentak, yang melibatkan TNI dan ASN Kepulauan Seribu Selatan, Senin (15/05/2023). Upaya ini bertujuan untuk melindungi ekosistem dan lingkungan Kepulauan Seribu Selatan yang kaya akan keanekaragaman hayati.

Mangrove merupakan hutan yang tumbuh di wilayah pantai, memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem pesisir. Pohon mangrove mampu menahan erosi, melindungi pantai dari abrasi, serta menjadi tempat berlindung bagi berbagai jenis ikan, burung, dan hewan lainnya. Namun, selama beberapa tahun terakhir, wilayah mangrove di Indonesia mengalami kerusakan yang serius akibat aktivitas manusia dan bencana alam.

Dalam upaya mengatasi masalah tersebut, Polsek Kepulauan Seribu Selatan bersama TNI dan ASN Kepulauan Seribu Selatan melakukan penanaman mangrove secara serentak di beberapa lokasi strategis di wilayah tersebut. Petugas polisi, anggota TNI, serta aparatur sipil negara (ASN) Kepulauan Seribu Selatan bergotong royong untuk menanam ribuan bibit mangrove di tepi pantai dan daerah yang membutuhkan restorasi ekosistem.

Kapolsek Kepulauan Seribu Selatan, AKP Rahmat Suryaman, S.E., menyampaikan pentingnya partisipasi aktif dalam kegiatan penanaman mangrove. Ia menjelaskan, “Melalui aksi ini, kita semua dapat berkontribusi dalam menjaga ekosistem yang penting bagi keberlanjutan hidup kita. Penanaman mangrove adalah salah satu upaya nyata kita dalam melestarikan lingkungan dan melindungi pesisir Kepulauan Seribu Selatan.”

Upaya ini mendapat dukungan dan apresiasi dari masyarakat setempat. Mereka merasa terlibat dalam usaha menjaga keberlanjutan lingkungan dan melindungi kehidupan laut yang ada di sekitar pulau-pulau tersebut.

Diharapkan, kegiatan penanaman mangrove nasional secara serentak ini tidak hanya menjadi momen semata, tetapi juga menjadi langkah awal dalam upaya konservasi dan pemulihan ekosistem yang lebih luas di seluruh Indonesia. Kolaborasi antara Polsek Kepulauan Seribu Selatan, TNI, dan ASN Kepulauan Seribu Selatan diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah lain untuk melindungi dan menjaga kelestarian lingkungan kita yang berharga. (ris)

ArabicChinese (Simplified)EnglishIndonesianRussianSpanish