May 29, 2023

Kabar Senator

Media Aspirasi dan Inspirasi Daerah

Home » Polres Bandara Soekarno-Hatta Bongkar Perdagangan PMI ke Kamboja

Polres Bandara Soekarno-Hatta Bongkar Perdagangan PMI ke Kamboja

KS, JAKARTA – Pelaku perdagangan orang, yang akan di kirim ke Kamboja ditangkap Polresta Bandara Soekarno Hatta (Soetta). Polisi menangkap AFA alias A (39) di Terminal 3 Bandara Soetta. Tersangka AFA ditangkap usai diduga menyelundupkan pekerja migran ilegal ke Kamboja.

Kasat Reskrim Polresta Bandara Soetta Kompol Reza Fahlevi mengungkap, penangkapan tersangka tersebut diawali informasi pihak keluarga korban berinisial PDP. Dalam laporan diketahui PDP berangkat ke Kamboja melalui Bandara Soetta untuk bekerja sebagai operator marketing judi online.

“Kemudian penyidik mendatangi Terminal 3 Keberangkatan Internasional Bandara Soetta dan berkoordinasi dengan pihak maskapai Malaysia Airlines (MH710),” ungkap Reza, Jumat (5/5).

Berbekal koordinasi tersebut, didapati korban berinisial PDP berangkat ke Kamboja pukul 11.10 WIB pada Minggu (26/2). PDP bersama 8 orang lainnya berangkat dengan si pemesan tiket yang berada di Bangladesh.

“Kami dapat informasi bahwa Saudari PDP berangkat ke negara Kamboja menggunakan pesawat Malaysia Airlines (MH710) dengan rute Jakarta-Kuala Lumpur-Pnom Penh Kamboja pada hari Minggu 26 Februari 2023 sekitar pukul 11.10 WIB bersama 8 orang lainnya dengan pemesan tiket dari Bangladesh,” jelasnya.

Polisi pun berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) yang berada di Malaysia. Alhasil 8 orang tersebut berhasil dipulangkan ke Jakarta pada 28 dan 29 Februari 2023.

“Atas kejadian tersebut dibuatkan laporan polisi guna dilakukan penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut,” katanya.

Diungkapkan Reza, AFA menjanjikan calon PMI pekerjaan di luar negeri dengan gaji tinggi. Para pelaku pun melakukan aksinya tidak sendiri.

“Dalam melaksanakan aksinya para pelaku tidak sendirian melainkan sindikat (pengurus paspor dan orang yang merekrut) dan para calon PMI akan dipekerjakan sebagai operator marketing permainan online yang terkait perjudian di negara Kamboja,” bebernya. (ris/int)

ArabicChinese (Simplified)EnglishIndonesianRussianSpanish