January 28, 2023

Kabar Senator

Media Aspirasi dan Inspirasi Daerah

Home » PMI Optimalkan Pelayanan Kesehatan Sisir Korban Gempa di Cianjur

PMI Optimalkan Pelayanan Kesehatan Sisir Korban Gempa di Cianjur

KS, CIANJUR – Palang Merah Indonesia (PMI) terus mengoptimalkan berbagai pelayannya dalam membantu respon tanggap darurat bencana gempa bumi di kabupaten Cianjur. Salahsatunya melakukan pelayanan kesehatan klinik keliling mobile clinic untuk melayani beberapa wilayah yang belum terjangkau.

Pelayanan tersebut sebagai respons tindak lanjut untuk memaksimalkan pelayanan PMI dalam rangka operasi tanggap darurat bencana gempa bumi yang sudah masuk sepekan lebih melanda beberapa wilayah di Kabupaten Cianjur.

“Kita memberikan pelayanan kesehatan dengan membuka klinik lapangan dibeberapa pengungsian dan menyisir ke beberapa rumah dan pengungsian menjangkau para warga masyarakat korban yang terdampak akibat bencana gempa bumi” kata salahsatu Tim Medis dari Rumah Sakit PMI Bogor, dr.Antonius Verdy, Rabu (30/11/2022).

Menurutnya pelayanan klinik lapangan tersebut seperti yang sudah dilakukannya selama sepekan berjalan ini di Posko Aju 3 tepatnya di kampung Desa Nagrak kecamatan Cianjur kabupaten Cianjur.

Dokter Antonius mengatakan, setelah sepekan lebih paska bencana gempa bumi, kondisi para pengungsi mulai merasakan berbagai keluhan penyakit, seperti ispa, gatal gatal dan pegal pegal hingga beberapa pasieun yang luka dan fraktur akibat terkena reruntuhan bangunan rumah saat gempa.

“Dalam pelayanan kesehatan dan mobile clinic ini, sedikitnya setiap hari kita menjangkau dan melayani ratusan warga yang mempunyai beberapa keluhan medis dan mendapatkan pelayanan kesehatan oleh Tim Medis gabungan PMI yang disebar kebeberapa posko pengungsi,”terang Antonius.

Menurutnya, hal ini dilakukan guna memaksimalkan pelayanan PMI saat ini. Dia mengatakan, bukan hanya keluhan medis saja, tidak sedikit masyarakat mengalami gangguan kesehatan dan psikologis akibat dampak bencana, terutama masih dihantui rasa ketakutan dan trauma yang mendalam akibat bencana gempa yang menerjang wilayahnya.

Selain sejumlah personil medis, Tim PMI pun setiap posko layanan menyiagakan armada ambulans gawat darurat untuk memberikan layanan medis rujukan dan evakuasi pasien dila dibutuhan. (ris/int)

ArabicChinese (Simplified)EnglishIndonesianRussianSpanish