April 21, 2024

Kabar Senator

Media Aspirasi dan Inspirasi Daerah

Home » Persiapan Makerti Ayuning Segara, Meriahkan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945

Persiapan Makerti Ayuning Segara, Meriahkan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945

KS, JAKARTA – Rapat koordinasi antara Kepanitiaan Dharma Santi Nasional 2023 dengan PHDI Kota Bekasi, PHDI Kabupaten Bekasi, Banjar Kota Bekasi, Banjar Kabupaten Bekasi, PHDI Karawang serta pihak-pihak yang terkait, untuk duduk bersama-sama menyukseskan salah satu kegiatan Bakti Sosial Makerti Ayuning Segara sebagai Rangakaian Hari Raya Nyepi Tahun  Baru Saka 1945. Rapat koordinasi yang dilaksanakan pada Hari Jumat yang lalu, bertempat di pelataran Pura Agung Tirta Bhuana Bekasi.

Yang menarik adalah pada kegiatan Makerti Ayuning Segara kali ini mengangkat tema yang sangat nyata dan lugas yaitu “Melalui Aksi Bersih – Bersih Pantai, Kita Jaga Kebersihan & Kelestarian Lingkungan”. Melalui tema tersebut, diharapkan mampu membangun semangat umat Hindu Jabodetabek hingga Karawang untuk mengimplementasikan ajaran Tri Hita Karana dengan memulai dari bersih-bersih pantai. 

Kegiatan Makerti Ayuning Segara akan dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 18 Maret 2023, yang bertempat di Pantai Tanjung Pakis. Dengan mengajak peserta lebih dari 150 orang serta luas pantai yang akan dibersihkan lebih dari 1,5 km, maka panitia harus melakukan persiapan yang sangat matang agar seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan baik.

Seperti kita ketahui bersama bahwa, Makerthi Ayuning Segara adalah kegiatan yang menekankan pada komitmen umat Hindu, sebagai salah satu bentuk tanggung jawab sebagai penghuni dunia dalam turut serta berkewajiban penuh untuk  Membersihkan, Menjaga, serta Melestarikan laut, pesisir dan pantai sebagai bagian dari tempat dan lokasi pertemuan perairan dan daratan sebagai samudera.

Pantai juga akan dijadikan tempat yang akan digunakan oleh Umat Hindu sebagai Tempat Melasti menjelang perayaan hari raya Nyepi, seharusnya dalam kondisi bersih, siap dan nyaman. Oleh karena itu, Makerthi Ayuning Segara ini adalah kegiatan yang sangat penting untuk dilaksanakan. Karenanya kegiatan ini juga sebagai wujud sebagian Komitmen Umat Hindu sesuai dalam Susastra untuk Menjaga lingkungan yang bersih, sehat, Suci dan sakral.

Kegiatan ini di himbau untuk dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia oleh PHDI serta Organisasi, Lembaga Umat Hindu yang ada. Khusus untuk Kegiatan Makerthi Ayuning Segera, istilah ini adalah nama kegiatan, hasil yang diharapkan adakah Kertih Ayuning Segara, harmonisasi komponen alam melalui harmoni kondisi segara (laut), gerakan, irama dan gelombang memberikan siklus kehidupan yang saling bermanfaat, dengan afirmasi dalam harapan dan doa serta perilaku manusia kepada Segara. Manifestasi Yang Maha Kuasa Ida Sang Hyang Widhi Wasa sebagai Dewa, yang nantinya juga akan dilaksanakan untuk permohonan Tirthamrtha dalam Tawur Kesana sebagai Pencucian diri, lingkungan dan semesta. (Wid)

ArabicChinese (Simplified)EnglishIndonesianRussianSpanish