June 26, 2024

Kabar Senator

Media Aspirasi dan Inspirasi Daerah

Home » Pemkot Jakbar Sidang Tipiring 24 warga Melanggar Perda

Pemkot Jakbar Sidang Tipiring 24 warga Melanggar Perda

KS, JAKARTA – Walikota Jakarta Barat menyidangkan sebanyak 24 warga yang melanggar Perda Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum menjalani sidang tindak pidana ringan (tipiring), Jumat (31/5).

Sidang tipiring yang di gelar di gedung Walikota Jakarta Barat ini, merupakan yang kedua kalinya digelar tahun 2024 sebagai hasil penindakan selama satu bulan terakhir.

“Yang disidang ini hasil penindakan satu bulan terakhir di delapan kecamatan di Jakarta Barat,” ucap Kepala Seksi Operasional dan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Satpol PP Jakarta Barat, Sukarlan.

Adapun jenis pelanggaran yang dilakukan di antaranya perizinan bangunan, pencemaran air dan rumah kost serta tertib usaha.

“24 pelanggar yang disidang, enam tertib peran serta masyarakat, 17 pelanggar tertib tempat usaha tertentu dan satu pelanggar tertib sungai saluran dan kolam,” jelasnya.

Menurut Sukarlan, warga yang melanggar dikenakan denda antara Rp500 ribu sampai Rp3 juta. “Total denda yang terkumpul dari sidang Rp23 juta, nanti disetor ke Kas Daerah,” ujar dia.

Sukarlan berharap, sidang yustisi pelanggar Perda Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum (Tibum) itu bisa menimbulkan efek jera bagi warga agar aktif mengurus perizinan dan mematuhi aturan daerah.

“Kita imbau supaya jangan sampai berulang kali untuk kena yustisi dan kita imbau supaya mereka urus izin agar tidak ditemukan pelanggaran lagi,” harapnya.

ArabicChinese (Simplified)EnglishIndonesianRussianSpanish