February 24, 2024

Kabar Senator

Media Aspirasi dan Inspirasi Daerah

Home » Mensesneg Rapat dengan MenPANRB, Rencana Pemindahan ASN ke IKN

Mensesneg Rapat dengan MenPANRB, Rencana Pemindahan ASN ke IKN

KS, JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas bertemu dengan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno di Kantor Sekretariat Negara di Jakarta, Rabu (31/1/2024).

Dalam pertemuan tersebut, MenPANRB dan Mensesneg membahas rencana pemindahan aparatur sipil negara (ASN) ke IKN. Rencana pemindahan, akan dimulai pada bulan Juli 2024 mendatang.

“Membicarakan secara lebih komprehensif mengenai rencana pemindahan ASN dan keterkaitan soal teknis terkait dengan insentif dan lain-lain,” jelasnya. Berdasarkan data Kementerian PUPR, hunian di IKN yang disediakan bagi ASN dan TNI/Polri tahun 2024 sebanyak 47 tower.

Dimana ASN akan menempati 29 tower (1.740 unit hunian) dan TNI/Polri menempati 18 tower (1.080 unit hunian). Anas menyampaikan ASN yang pindah ke IKN nantinya harus mempunyai literasi digital yang baik.

Selain itu mereka harus multitasking dan menguasai substansi mengenai prinsip IKN. Paling penting, lanjutnya, mampu menerapkan nilai-nilai BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif).

“Kita tidak hanya memindahkan ASN ke IKN saja, namun juga menyiapkan SDM unggul yang memiliki kriteria-kriteria yang sudah ditentukan. Terutama mampu multitasking dan menerapkan nilai BerAKHLAK adaptif dan kolaboratif,” ujarnya.

Dikatakan Anas, saat ini pemerintah juga sedang membahas tunjangan khusus bagi ASN yang pindah pada tahap pertama. “Pemberian tunjangan pionir, bukan sebagai tambahan tunjangan kinerja namun sebagai komponen baru yang masuk dalam penghargaan/penerimaan total,” ucapnya.

Pemindahan ASN ke IKN, dipersiapkan dengan baik mulai dari SDM hingga ke tata kelola pemerintahannya. Selain menerapkan konsep kota pintar, tata kelola pemerintahan di IKN juga didukung dengan green design, building, serta open space.

Senada dengan Menteri PANRB, Mensesneg Pratikno menyampaikan banyak hal yang harus disiapkan untuk pemindahan ASN ke IKN. “Bukan semata-mata pindah orangnya saja. Tugas berat ini juga pindah sistem kerja, itu yang selalu disampaikan Bapak Presiden,” jelasnya. (red/int)

ArabicChinese (Simplified)EnglishIndonesianRussianSpanish