January 28, 2023

Kabar Senator

Media Aspirasi dan Inspirasi Daerah

Home » Media Center di Area Wisata, Bekerja Berasa Piknik

Media Center di Area Wisata, Bekerja Berasa Piknik

KS, SURAKARTA – Bekerja dengan rasa nyaman dan santai merupakan impian bagi kaum pekerja manapun. Untuk itu, segala fasilitas pendukung pekerjaan diupayakan untuk tersedia selengkap mungkin. Seperti sarana Media Center yang kerap dioperasikan oleh pendukung acara tertentu, khusus bagi awak media.

Demikian juga Media Center yang disiapkan Panitia Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

Panitia menyiapkan Media Center di dua kota sekaligus, yaitu di Yogjakarta dan Solo. Di Yogjakarta, Media Center dipusatkan di Ruang Kasultanan 1, Hotel Royal Ambarukmo, pada 9 – 10 Desember 2022, untuk membantu peliputan Akad Nikah Kaesang – Erina. Adapun Media Center di Solo, dibuka di Cafe Kulonuwun Kopi Omah Sinten, Jalan Ronggowarsito pada 10 – 11 Desember 2022, untuk membantu media dalam meliput acara puncak pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo itu.

Chandra Kusuma Aji, dari Soloaja.com, mengatakan bahwa keputusan panitia menyiapkan media center di dekat Pura Mangkunegaran, kawasan Ngarsopuro, Solo adalah sangat tepat. Dirinya sebagai reporter dari media online, sangat terbantu.

Bagaimana tidak, lokasi Media Center ini sangat dekat dengan lokasi acara puncak Resepsi Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, yaitu Pura Mangkunegaran, hanya terpisah oleh Jalan Ronggowarsito. Media yang meliput tinggal jalan kaki saja.

Hebatnya, Media Center yang berlokasi di Cafe Kulonuwun Kopi Omah Sinten ini tidak terasa sebagai lokasi kerja. Awak media bisa dengan santai menjalankan tugasnya, mulai dari menulis laporan, menulis artikel, mempersiapkan tayangan televisi dan radio sekaligus. Lokasinya strategis, sehingga awak media bisa sambil nongkrong.

“Yang paling membantu, media center ini bisa menyediakan akses internet yang sangat stabil. Sehingga kami bisa bekerja dengan lancar, santai, dan nyaman. Rasanya seperti di rumah sendiri, karena panitianya yang friendly, dan berusaha terus untuk menemani dan melayani kebutuhan media. Jadi kami tidak merasa diacuhkan,” tutur Chandra.

Begitu juga Rizky Darmansyah, News presenter tvOne. Menurutnya, keunggulan Media Center yang disiapkan oleh panitia Pernikahan Kaesang dan Erina ini adalah berhasil memilih lokasi yang nyaman. Selain itu, lokasinya strategis karena dekat dengan venue acara, baik yang di Royal Ambarukmo maupun Solo.

“Tim media responsif didukung dengan fasilitas yang lengkap, dan makanannya enak – enak,” ujarnya

Lokasi strategis, menurut Rizki, merupakan fungsi Media Center yang paling penting. “Selain itu, fungsi yang paling berkesan adalah keberadaan tim pendukung yang membantu dan merespon cepat,” tuturnya sembari mulai kembali tenggelam dalam tugas peliputannya di Pura Mangkunegaran.

Sementara itu, Salmun Alexander dari Radio Sonora Yogyakarta1, mengaku sempat kesulitan mendapatkan ID Card Peliputan di Yogjakarta. Akibatnya, dia harus meliput dari dekat Pendopo Agung Royal Ambarukmo. Di saat krusial itu, Media Center Panitia sangatlah membantu.

“Kebetulan saya sempat ikut kegiatan pembagian ID di Media Center di Royal Ambarukmo, meskipun saya tidak dapat karena nama saya ternyata terdaftar di Solo. Namun, dari yang saya pantau secara umum Keberadaan media center sudah sangat baik beserta fasilitas yang ada,” ujarnya.

Keberadaan WhatsApp Group (WAG) peliputan Pernikahan Kaesang dan Erina, ujar Salmun, sangat membantu kerjanya.

Terutama karena WAG tersebut menyediakan informasi lengkap tentang Siaran Pers, dan photo event.

“Sudah sangat membantu, sehingga kami dapat meneruskan (laporan) lewat media kami. Komunikasi di WAG selalu ada, walaupun kami hanya bisa membaca paling tidak selalu ada woro – woro yang jelas dan membantu proses peliputan. Terimakasih Tim Media Center, Sukses selalu,” pungkasnya. (int)

ArabicChinese (Simplified)EnglishIndonesianRussianSpanish