May 25, 2024

Kabar Senator

Media Aspirasi dan Inspirasi Daerah

Home » Marak Parkir Liar di Minimarket, Pj Gubernur Perintahkan Jajaran Tertibkan Semua

Marak Parkir Liar di Minimarket, Pj Gubernur Perintahkan Jajaran Tertibkan Semua

KS, JAKARTA – Viral maraknya, juru parkir liar di minimarket, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Haru Budi Hartono memerintahkan jajarannya untuk melakukan penertiban. Penertiban dilakukan menyusul adanya keresahan masyarakat terhadap maraknya juru parkir liar selama ini.

“Sudah mulai operasi (pengamanan) dari kemarin (7/5). Hal ini pastinya agar tidak meresahkan masyarakat,” kata Heru Budi saat ditemui di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Jakarta Pusat.

Dijelaskan Heru, bahwa operasi itu dilakukan bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta Bidang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat (Trantibum dan Tranmas) dan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta.

“Jadi, saya sudah minta Trantibum sama Dinas Perhubungan agar juru parkir liar di minimarket ditertibkan. Mulai kemarin sudah saya perintahkan, sudah mulai,” ungkap Heru Budi.

Dia menyatakan parkir di minimarket seharusnya gratis, dan sudah ada tulisan yang menegaskan bahwa tidak ada pungutan biaya apa pun bagi pengunjung yang berbelanja. “Ya kalau di minimarket ada tulisan gratis parkir, ya jangan memaksa, jangan bikin warga itu resah,” ucap Heru.

“Kami berkoordinasi dengan Satpol PP DKI untuk penanganan terkait dengan adanya oknum-oknum yang memanfaatkan lokasi di minimarket dengan cara memaksa untuk memungut uang parkir dengan jumlah tertentu,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo.

Syafrin menyebutkan parkir di minimarket sebagaimana regulasi yang ada, tidak dipungut biaya (gratis) dan pihak pengelola tidak diperbolehkan memungut biaya. Dishub DKI Jakarta juga memberikan sosialisasi kepada pihak minimarket bahwa biaya parkir sudah seharusnya gratis.

ArabicChinese (Simplified)EnglishIndonesianRussianSpanish