April 24, 2024

Kabar Senator

Media Aspirasi dan Inspirasi Daerah

Home » Komplotan Begal di Tamansari, Gasak 2 WNA Italia dan Malaysia Ditangkap

Komplotan Begal di Tamansari, Gasak 2 WNA Italia dan Malaysia Ditangkap

KS, JAKARTA – Polsek Taman Sari, menangkap komplotan begal yang beraksi menggasak ponsel 2 warga negara asing (WNA). Sebelum melakukan aksinya, pelaku mengaku sengaja mengonsumsi narkoba jenis sabu sebelum beraksi.

“Mereka urunan terlebih dahulu untuk membeli sabu,” ujar Kapolsek Tamansari Kompol Adhi Wananda saat konferensi pers, Senin (4/3/2024).

Ditambahkan Adhi, komplotan begal itu juga menggunakan uang hasil kejahatannya untuk membeli sabu dan keperluan sehari-hari.

“Dari hasil kejahatannya para pelaku ini menggunakan untuk keperluan sehari-hari dan juga untuk membeli narkoba,” jelas Adhi.

Para pelaku kerap mengincar korban yang keluar dari tempat hiburan malam maupun yang bermain ponsel di pinggir jalan. Akibatnya, empat orang mengalami luka karena dibacok dan ponselnya dirampas pelaku. Dua orang diantaranya merupakan WNA asal Italia dan Tiongkok. “Sasaran dari para pelaku ini adalah anak-anak muda yang main handphone di pinggir jalan utama, dan juga para pengunjung tempat hiburan malam,” tuturnya.

Untuk diketahui, polisi menangkap lima orang begal di Tamansari. Baca juga: Remaja Komplotan Begal di Tamansari Incar Korban yang Keluar dari Tempat Hiburan Malam Lima orang pelaku ini berinisial J (27), K (21), A (23), R (23), dan SL dibawah umur. Mereka pun membagi peran saat melakukan kejahatan. “K selaku eksekutor dan joki, J selaku kapten dan juga joki, kemudian SL selaku eksekutor, inisial A sebagai joki, dan inisial R selaku eksekutor,” tutur Adhi.

Dari tangan pelaku, polisi menyita barang bukti berupa tiga ponsel milik korban, dua sepeda motor milik pelaku, beserta senjata tajam. Para pelaku dijerat dengan pasal 365 Ayat 2 tentang pencurian dengan kekerasan dengan ancaman maksimal 12 tahun penjara. (red/int)

ArabicChinese (Simplified)EnglishIndonesianRussianSpanish