November 30, 2022

Kabar Senator

Media Aspirasi dan Inspirasi Daerah

Home » KLHK Raih Penghargaan dari KASN dan BKN atas Implementasi Manajemen ASN yang Baik

KLHK Raih Penghargaan dari KASN dan BKN atas Implementasi Manajemen ASN yang Baik

KS, JAKARTA – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam beberapa waktu belakangan, mendapatkan apresiasi dari instansi pembina Aparatus Sipil Negara (ASN) yaitu Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

KASN menggelar Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) untuk pertama kalinya bertempat di Yogyakarta, (6/10/2022). Penghargaan tersebut diberikan sebagai apresiasi dan dukungan terhadap instansi pemerintah dalam pelaksanaan pengisian JPT sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sebanyak 82 instansi pemerintah telah ditetapkan untuk menerima penghargaan KASN dengan rincian 14 yang mendapatkan predikat “Sangat Baik” dan 68 yang berhasil mencapai kategori “Baik”. Khusus untuk tingkat Kementerian, terdapat 4 Kementerian mendapatkan predikat kategori ”Sangat Baik” dan 14 Kementerian mendapatkan predikat ketegori ”Baik”.

KLHK berhasil raih Anugerah Kualitas Pengisian JPT berdasarkan penilaian dari KASN. KLHK mendapatkan penilaian kategori ”Baik” dengan nilai 88.30 (delapan puluh delapan koma tiga puluh).

Mewakili Menteri LHK, Sekretaris Jenderal, Dr. Ir. Bambang Hendroyono, M.M.  menerima anugerah secara langsung di Yogyakarta. Anugerah Kualitas Pengisian JPT yang diraih kali ini menunjukkan bahwa KLHK memenuhi komitmen untuk menerapkan pelaksanaan pengisian JPT sesuai ketentuan yang berlaku di bawah pengawasan KASN terhadap pelaksanaan sistem merit demi terwujudnya reformasi birokrasi di KLHK.

Dalam acara penganugerahan ini, KASN juga me-launching Sistem Informasi Jabatan Pimpinan Tinggi (Sijapti) versi 4.0. Sijapti merupakan aplikasi yang dirancang untuk membantu instansi pemerintah dalam mengajukan usulan seleksi terbuka dan mutasi/rotasi pejabat pimpinan tinggi (PPT) secara daring.

Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, Ma’ruf Amin dalam arahannya secara virtual menyampaikan bahwa Sijapti 4.0 merupakan terobosan dalam mengelola pemerintah. Selain untuk meningkatkan pelayanan publik bagi rakyat agar berkontribusi Indonesia di mata komunitas internasional. Hal ini juga berguna bagi daya tarik investasi di Indonesia. Setiap lembaga pemerintah harus memiliki komitmen terhadap pelayanan dan birokrasi yang prima. Di sini diperlukan manajemen talenta dalam seluruh kegiatan pemerintahan.

”Saya minta kepada KASN dan seluruh instansi pemerintah agar merumuskan ekosistem seleksi yang adaptif dan informatif dengan ekosistem yang baik sehingga mampu menciptakan pimpinan yang revolusioner.” ungkap Wapres Ma’ruf Amin.

Ketua KASN, Prof. Agus Pramusinto, mengatakan bahwa Anugerah Kualitas Pengisian JPT kali ini merupakan puncak dari hasil penilaian yang dilakukan sepanjang 2021. Total ada 431 instansi pemerintah yang telah dinilai dengan menimbang berbagai aspek. “Instansi yang dinilai adalah instansi pemerintah yang memenuhi kelengkapan dokumen pengajuan mulai dari perencanaan hingga pelaporan pelaksanaan pengisian JPT dalam periode bulan Januari sampai dengan Desember tahun 2021,” ungkap Agus.

Adapun aspek penilaian menurut Ketua KASN mencakup lima dimensi, yakni a) dimensi persiapan pengisian JPT; b) dimensi pelaksanaan pengisian JPT; c) dimensi pelaporan pengisian JPT; d) dimensi inovasi manajemen pengisian JPT; dan e) dimensi pelanggaran sistem merit dalam jabatan. Dari kelimanya, KASN secara konsisten dan rinci melakukan pengawasan sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang 5/2014 Tentang ASN.

Terkait dengan Anugerah dari KASN ini, Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono mengungkapkan rasa syukur atas pencapaian tersebut. “Alhamdulillah, manajamen kepegawaian KLHK terkait promosi, mutasi dan pengisian jabatan tinggi sudah sesuai dengan standar yang ada,” terang Bambang Hendroyono.

“Seleksi untuk pengisian jabatan tinggi tertentu, kita lakukan seleksi terbuka atau open bidding dan transparan yang melibatkan panitia seleksi yang teridiri dari para ahli. Maka dari itu, hasilnya pun dapat dilihat bahwa yang menduduki posisi tinggi di KLHK adalah mereka yang profesional di bidangnya,” tambah Bambang.

Sebelumnya, pada KLHK juga telah mendapatkan penghargaan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) tahun 2022 atas sejumlah capaian dalam bidang manajemen kepegawaian.

KLHK meraih penghargaan dalam kategori: (1) Implementasi Manajemen ASN Terbaik; (2) Peringkat 2 Implementasi Penerapan Manajemen Kinerja; (3) Peringkat 5 Perencanaan Kebutuhan dan Mutasi Kepegawaian. Kepala Biro Kepegawaian dan Organisasi, KLHK, Gun Gun Hidayat, hadir menerima penghargaan tersebut di Jakarta, (5/9/2022).

Berdasarkan Keputusan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 72 Tahun 2022 tentang Pemberian Penghargaan BKN Award Tahun 2022, penghargaan BKN Award 2022 diberikan kepada sejumlah 403 pemenang, dan 110 diantaranya diberikan kepada instansi pusat yakni terdiri dari Kementerian dan Lembaga Negara/Lembaga Pemerintah Non-Kementerian (LPNK).

BKN Award bertujuan sebagai bentuk apresiasi atas komitmen penyelenggaraan manajemen ASN, pemberian BKN Award bagi pengelola kepegawaian di lingkup Instansi Pusat ini diharapkan menjadi pemicu peningkatan kualitas pengelolaan ASN. (Wid)

ArabicChinese (Simplified)EnglishIndonesianRussianSpanish