February 9, 2023

Kabar Senator

Media Aspirasi dan Inspirasi Daerah

Home » Kebakaran Seluas 1 Hektar di Kabupaten Situbondo Berhasil Dipadamkan

Kebakaran Seluas 1 Hektar di Kabupaten Situbondo Berhasil Dipadamkan

KS, JAKARTA – Kebakaran lahan terjadi pada Senin (22/8/2022) di Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa timur. Hingga saat ini penyebab kebakaran masih dalam proses penyelidikan pihak berwenang.

Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB menerima laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo pada Senin (22/8/2022) Pukul 18.00 WIB, dan telah dilakukan upaya pemadaman dan pendinginan berkoordinasi dengan Satuan Polisi Pamong Praja, Damkar, aparat dan warga desa setempat. Kondisi terkini lahan seluas 1 hektar berhasil dipadamkan. Tidak ada laporan korban jiwa maupun masyarakat yang mengungsi akibat kejadian ini.

Berdasarkan laporan Badan Meterologi dan Geofisika (BMKG), prakiraan cuaca untuk wilayah Kabupaten Situbondo pada Rabu (24/8/2022) mengindikasikan kondisi cuaca cerah sedangkan pada Kamis (25/8/2022) cuaca cerah berawan. Sementara itu hasil dari Inarisk BNPB, wilayah Kabupaten Situbondo memiliki level risiko sedang hingga tinggi, sebanyak 33 kecamatan yang terdapat di Kabupaten Situbondo berisiko kebakaran hutan dan lahan.

BNPB mengimbau Pemerintah daerah dan masyarakat melakukan upaya pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan secara kolektif. Berbagai upaya yang dapat dilakukan masyarakat dalam mengendalikan kebakaran hutan antara lain berhati-hati dalam menggunakan api terutama di musim kemarau yang paling rawan terjadi kebakaran hutan. (Wid)

ArabicChinese (Simplified)EnglishIndonesianRussianSpanish