January 28, 2023

Kabar Senator

Media Aspirasi dan Inspirasi Daerah

Home » Kapolres Jakbar Sambang RW, Gelar Pelayanan Masyarakat

Kapolres Jakbar Sambang RW, Gelar Pelayanan Masyarakat

KS, JAKARTA – Polres Metro Jakarta Barat dan jajaran melaksanakan sambang rw serentak dalam program malam pelayanan masyarakat dalam rangka hut polda metro jaya ke 73 tahun, Jumat, (9/12/2022).

Sambang RW serentak dalam program malam pelayanan masyarakat dalam rangka hut polda metro jaya ke 73 tahun tersebut, Polres Metro Jakarta Barat melaksanakan di 100 titik di Jakarta Barat.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Metro Jakarta Barat mendapatkan kesempatan untuk berkunjung dan sambang di RW 06 kelurahan Pinangsia, kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat.

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Pasma Royce mengatakan, kegiatan sambang rw ini dilaksanakan serentak dijajaran polda metro jaya dan dipimpin langsung oleh kapolda metro jaya Irjen Pol M Fadil Imran melalui virtual zoom, dimana untuk wilayah Jakarta Barat terbagi menjadi 100 titik di Jakarta Barat.

“Sambang Rw ini merupakan rangkaian hut 73 tahun polda metro jaya dalam memberikan pelayanan sekaligus menyerap aspirasi masyarakat,” ujar Kombes pol Pasma Royce saat dikonfirmasi.

Pasma menjelaskan, dalam sambang rw tersebut nantinya kita akan mengakomodir setiap masukan masukan masyarakat kemudian kita petakan dan ditindak lanjuti

“Apa yang menjadi masukan masyarakat akan kita tampung kemudian kita akomodir dan dicari solusi permasalahannya,” terangnya.

Sambang RW serentak dijajaran polda metro jaya ini terbagi menjadi 908 titik yang tersebar di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Dalam kesempatan tersebut warga RW 06 kelurahan Pinangsia ini, memberikan masukan diantaranya ustadz Zainal Mutakin menjelaskan dalam menyikapi maraknya aksi tawuran yang ada di pinangsia taman sari Jakarta Barat yang umumnya dilakukan oleh para remaja untuk dilakukan pembinaan kegiatan rohani dengan mengikuti pesantren kilat atau pun semacam pengajian yang difasilitasi oleh Polres Metro Jakarta Barat.

“Dimana kegiatan rohani tersebut setidaknya memberikan benteng bagi para remaja untuk membina karakter secara rohani,” ucapnya.

Selain itu kami mohon dukungan untuk adanya fasilitas CCTV yang akan ditempatkan dibeberapa titik yang rawan adanya aksi kejahatan.

Dikesempatan yang sama dari satgas RW Slamet Waluyo, memberikan masukan untuk partisipasi dari polres untuk sering melakukan penyuluhan terkait kenakalan para remaja sehingga mereka bisa mendapatkan edukasi secara berkala.

Pasma menjawab pertanyaan yang diutarakan oleh warga seperti pemasangan CCTV akan kami kordinasikan dengan Kapolsek Metro Taman Sari dan juga dinas terkait untuk segera dilakukan pemasangan diarea area yang menjadi tempat yang rawan terjadinya aksi kriminalitas.

Terkait masukan pembinaan para remaja untuk dilakukan pembinaan secara rohani itu merupakan masukan yang bagus, kata Pasma dan akan lakukan perencanaan untuk penerapan program tersebut.

“Kami dari polres metro jakarta barat pun telah melakukan hal serupa sebagai contoh jika para pelajar yang kedapatan melakukan aksi tawuran maka dari kami akan melakukan pembinaan dan pendataan kemudian kami antar kan secara door to door dan didampingi oleh pihak RT, RW dan orang tua untuk memberikan efek sosial bagi pelajar tersebut untuk tidak mengulangi aksi tawuran lagi,” ujar Pasma.

Selain itu ditambahkan Pasma juga telah membuat program bersama dengan 3 pilar kepada para pelajar dari beberapa sekolah yang sering melakukan aksi tawuran kita pertemukan serta kita berikan pelajaran dilapangan untuk menumbuhkan rasa sosial dan kepedulian terhadap sesama.

Dalam kesempatan tersebut terlihat kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Pasma Royce memberikan simbolis cindramata dari kapolda metro jaya Irjen Pol Dr M Fadil Imran berupa kaos dan jam dinding. (ris)

ArabicChinese (Simplified)EnglishIndonesianRussianSpanish