January 28, 2023

Kabar Senator

Media Aspirasi dan Inspirasi Daerah

Home » Jokowi Resmikan Pembangunan Tahap 1, Stasiun Manggarai

Jokowi Resmikan Pembangunan Tahap 1, Stasiun Manggarai

KS, JAKARTA – Pembangunan stasiun kereta api (KA) Manggarai, tahap satu diresmikan Presiden Joko Widodo atau biasa disapa Jokowi.

Proyek pengembangan stasiun di jantung Ibu Kota itu baru selesai tahap satu. Jokowi mengakui pengembangan Stasiun Manggarai membutuhkan waktu. Selanjutnya, pembangunan tahap kedua diperkirakan akan selesai tahun 2025.

“Memang pembangunan Stasiun Manggarai ini tidak bisa cepat,” ujar Jokowi di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, pada Senin, (26/12/2022).

Jokowi mengungkapkan alasan pembangunan Stasiun Manggarai tak dapat dikebut cepat. Salah satunya, lantaran selama masa pembangunan, stasiun masih harus beroperasi. Dengan begitu, proyek pembangunan hanya bisa berlangsung 4 jam sehari atau saat window time.

“Hanya 4 jam waktu kerja kita. Itu time-nya yang panjang dan dilakukan tengah malam. Itu problem pembangunan di Stasiun Manggarai,” kata kepala negara.

Pemerintah telah mengembangkan Stasiun Manggarai sejak 2016. Stasiun ini digadang-gadang akan menjadi salah satu stasiun sentral di DKI Jakarta.
Pengembangan Stasiun Manggarai juga mencakup pembangunan double-double track rute Manggarai-Cikarang yang akan menambah jalur kereta dari semula 7 jalur menjadi 14 jalur.

Pengembangan stasiun ini, Jokowi berujar, sangat penting untuk meningkakan efisiensi dan headway perjalanan kereta api. Proyek tersebut juga diharapkan bisa meningkatkan aksesibilitas dan mobilisasi masyarakat dari Jakarta ke kota-kota penyangga lainnya dan sebaliknya.

“Serta menambah layanan kereta bandara menuju ke Bandara Soekarno-Hatta, dan juga mengintegrasikan berbagai moda transportasi umum lainnya seperti Transjakarya, ojek online, bajaj, dan lain-lain,” katanya. (ris/int)

ArabicChinese (Simplified)EnglishIndonesianRussianSpanish