April 24, 2024

Kabar Senator

Media Aspirasi dan Inspirasi Daerah

Home » Jokowi: Jumlah Pemudik Naik 56%, Masyarakat di Imbau Berangkat Lebih Awal

Jokowi: Jumlah Pemudik Naik 56%, Masyarakat di Imbau Berangkat Lebih Awal

KS, JAKARTA – Mudik di tahun 2024, diperdiksi mengalami kenaikan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut jumlah pemudik naik signifikan tahun ini. Kenaikan mencapai 56% dari tahun sebelumnya.

“Mudik tahun ini adalah mudik yang akan sangat besar sekali kenaikannya 56 persen dibanding tahun lalu, total yang akan mudik 190 juta pemudik tahun ini, kurang lebih ini dari survei,” kata Jokowi usai menghadiri Kongres Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia (HIKMAHBUDHI) di Mercure, Ancol, Jakarta Utara, Kamis (28/3/2024).

Oleh karena itu, Jokowi mengimbau masyarakat untuk berangkat lebih awal. Atau memberangkatkan keluarganya terlebih dahulu.

“Oleh sebab itu, saya mengimbau mengajak masyarakat untuk lebih awal. Kalau tidak keluarganya dulu yang diberangkatkan untuk mudik agar mudik kita tahun ini semua berada pada posisi yang nyaman,” ujarnya.

“Karena jumlahnya bukan jumlah yang sedikit 190 juta bukan jumlah yang kecil kenaikannya 56 persen,” lanjut Jokowi.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi adanya kenaikan jumlah pemudik di momen lebaran tahun 2024. Bahkan, kenaikannya diprediksi mencapai 50 persen apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam rapat koordinasi angkutan mudik Lebaran 2024 di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (23/3).

“Memang tahun ini survei menunjukkan bahwa kenaikan luar biasa naiknya 50 persen dari tahun lalu,” kata Budi Karya dalam rapat tersebut.

Dari kenaikan 50 persen tersebut, Budi Karya menjelaskan ada sekitar 193 juta pemudik pada tahun ini. Meningkat pesat dari jumlah pemudik tahun lalu yang berjumlah 120 juta.

“Yang akan mudik seluruh Indonesia 193 juta, tahun lalu 120 (juta),” ungkap Menhub. (red/int)

ArabicChinese (Simplified)EnglishIndonesianRussianSpanish