May 25, 2024

Kabar Senator

Media Aspirasi dan Inspirasi Daerah

Home » Jasa Marga Kembali Berlakukan Potongan Tarif Tol 20% untuk Jalan Tol Trans Jawa dari Semarang Menuju Jakarta Pada Periode Arus Balik Sejak Hari Ini Pukul 05.00 WIB

Jasa Marga Kembali Berlakukan Potongan Tarif Tol 20% untuk Jalan Tol Trans Jawa dari Semarang Menuju Jakarta Pada Periode Arus Balik Sejak Hari Ini Pukul 05.00 WIB

KS, JAKARTA – PT Jasa Marga (Persero) Tbk kembali memberlakukan potongan tarif tol 20% untuk semua golongan kendaraan yang melintas di Jalan Tol Trans Jawa pada periode arus balik dari Semarang menuju Jakarta. Potongan tarif tol 20% periode arus balik ini telah dimulai sejak hari ini, Rabu, 17 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga Jumat, 19 April 2024 pukul 05.00 WIB.

Marketing and Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani menjelaskan tujuan pemberlakuan potongan tarif tol ini untuk mendistribusikan lalu lintas pada arus balik dan menghindari penumpukan kendaraan pada puncak arus balik yang jatuh pada Senin, 15 April 2024 lalu. Potongan tarif tol 20% untuk Jalan Tol Trans Jawa tersebut hanya berlaku untuk perjalanan menerus, bagi pengguna jalan yang melakukan tap in dari GT Kalikangkung dan melakukan tap out di GT Cikampek Utama dan berlaku untuk semua golongan kendaraan.

“Bagi masyarakat yang masih belum kembali ke Jabotabek, dapat memanfaatkan potongan tarif 20%. Potongan tarif tol ini hanya akan berlaku jika transaksi dilakukan dengan menggunakan uang elektronik (e-toll) dan tidak berlaku apabila atau tidak terbaca asal dan golongan kendaraan. Untuk itu sebelum memulai perjalanan pastikan kecukupan saldo e-toll minimal Rp500.000 untuk kendaraan golongan I yang melakukan perjalanan dari Semarang ke Jakarta untuk menghindari kekurangan saldo saat melakukan transaksi di GT Cikampek Utama dan untuk menghindari antrean di gerbang tol,” ujar Faiza.

Pemberlakuan potongan tarif tol akan dihitung pada saat melakukan tap out di gerbang tol keluar yaitu GT Cikampek Utama pada periode arus balik sesuai dengan tanggal dan waktu yang telah ditentukan. Sehingga potongan tarif menjadi tidak berlaku apabila pengguna jalan tap out pada hari terakhir pemberlakuan potongan tarif melebihi pukul 05.00 WIB. Maka dari itu, pengguna jalan diimbau untuk mempersiapkan waktu perjalanan sebaik mungkin agar dapat memanfaatkan potongan tarif 20%.

Untuk perjalanan menerus tersebut, pengguna jalan akan melewati beberapa ruas jalan tol baik jalan tol Jasa Marga Group yaitu Jakarta-Cikampek & Jalan Layang MBZ, Palimanan-Kanci, Batang-Semarang dan Semarang Seksi ABC serta jalan tol Non Jasa Marga Group yaitu Cikampek-Palimanan, Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang dan Pemalang-Batang.

“Potongan tarif akan dilakukan di GT Cikampek Utama saja dan hanya untuk tarif perjalanan menerus dari Semarang menuju Jakarta. Potongan tarif tol 20% ini untuk pengguna jalan yang menggunakan uang elektronik untuk tarif jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga Group,” tutup Faiza.

Besaran potongan tarif tol 20% untuk perjalanan menerus arus balik dari Semarang menuju Jakarta (hanya untuk asal GT Kalikangkung menuju GT Cikampek Utama), dengan besaran tarif sebagai berikut:

  • Kendaraan Golongan I: Semula Rp421.500 menjadi Rp337.200, potongan tarif sebesar Rp84.300
  • Kendaraan Golongan II dan III: Semula Rp649.500 menjadi Rp519.600, potongan tarif sebesar Rp129.900
  • Kendaraan Golongan IV dan V: Semula Rp856.500 menjadi Rp685.200, potongan tarif sebesar Rp171.300

Saat memasuki GT Cikampek Utama, Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk mematuhi rambu dan arahan petugas di lapangan serta selalu disiplin dalam ketentuan berkendara di jalan tol karena gangguan sekecil apapun yang terjadi akan berdampak pada arus lalu lintas yang ada dan mengakibatkan antrean kendaraan.

ArabicChinese (Simplified)EnglishIndonesianRussianSpanish