June 26, 2024

Kabar Senator

Media Aspirasi dan Inspirasi Daerah

Home » Demi Keamanan Berkendara, Jasa Raharja Dukung Penerapan SIM C1

Demi Keamanan Berkendara, Jasa Raharja Dukung Penerapan SIM C1

KS, JAKARTA – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri dalam menerbitkan Surat Izin Mengemudi (SIM) C1, mendapat dukungan Jasa Raharja atas kebijakan tersebut.
Dukungan diungkapkan Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan A. Purwantoro pada peluncuran SIM C-1 oleh Korlantas Polri di Satpas (SIM) Daan Mogot, Cengkareng, Jakarta Barat, beberapa waktu lalu. Rivan menilai, sebagai bukti legalitas berkendara, SIM C1 akan membagi pengendara sepeda motor sesuai kapasitas mesin kendaraan yang digunakan.

“Setiap kelompok cc sepeda motor memiliki kecepatan dan akselerasi yang berbeda. Oleh karena itu, para pengendara harus benar-benar lulus tes yang sesuai dengan golongan SIM yang diajukan,” kata Rivan.

Nantinya, klasifikasi tersebut akan menjadi filter pengendara yang belum mahir menggunakan sepeda motor berkapasitas mesin besar, sehingga risiko kecelakaan lalu lintas dapat diminimalisir.

Rivan menyatakan, kebijakan ini akan dapat memastikan kemampuan dan pengetahuan pengendara terkait kapasitas mesin kendaraan masing-masing. Pada akhirnya, SIM C1 menjadi salah satu strategi mengurangi angka kecelakaan di jalan raya.

“Tentunya seluruh pengguna motor berkapasitas cc mesin besar besar (moge) agar segera memiliki SIM C1. Dengan demikian diharapkan masyarakat lebih patuh dan sadar terhadap aturan dan keselamatan berkendara, serta selalu mengutamakan berkendara yang berkeselamatan,” jelas Rivan.

Pada kegiatan peluncuran SIM C1, Kakorlantas Polri Irjen Pol. Aan Suhanan mengatakan bahwa SIM C1 yang diperuntukkan bagi pengguna kendaraan 250-500cc dapat dimiliki oleh orang yang sebelumnya telah memiliki SIM C dalam durasi minimal 1 tahun, dengan biaya pembuatan sama seperti SIM C.

Adapun pelayanan pembuatan SIM C1 sudah mulai diberlakukan per 27 Mei 2024 di seluruh Satpas di Indonesia.

“Peningkatan kompetensi ini menjadi penting karena secara teknis dan sebagainya, kendaraan cc rendah dengan cc besar sangat berbeda,” ungkap Aan. (red/int)

ArabicChinese (Simplified)EnglishIndonesianRussianSpanish