April 24, 2024

Kabar Senator

Media Aspirasi dan Inspirasi Daerah

Home » Briptu Tulus Bersama Puskesmas dan Pemda Lakukan Upaya Pencegahan DBD di Pulau Lancang, Kepulauan Seribu Selatan

Briptu Tulus Bersama Puskesmas dan Pemda Lakukan Upaya Pencegahan DBD di Pulau Lancang, Kepulauan Seribu Selatan

KS, JAKARTA – Briptu Tulus, Bhabinkamtibmas di Pulau Lancang, Polres Kepulauan Seribu, turut berkolaborasi dengan Puskesmas Kelurahan Pulau Pari dan Pemerintah Daerah (Pemda) dalam melaksanakan kegiatan monitoring dan fooging pada Kamis (21/03/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kasus luar biasa Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah Pulau Lancang, kelurahan Pulau Pari, Kepulauan Seribu Selatan.

Dalam aksinya, Briptu Tulus yang dikenal sebagai “Polisi Baik” ini bersama tim dari Puskesmas dan Pemda melakukan fooging di setiap rumah warga yang telah memberikan persetujuan. Fooging dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi populasi nyamuk Aedes aegypti, pembawa virus DBD, serta mencegah penyebaran penyakit yang dapat mengancam kesehatan masyarakat.

Selain melakukan fooging, dalam kegiatan ini juga dilakukan sosialisasi kepada warga tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan perilaku hidup bersih dan sehat. Himbauan diberikan agar warga tidak membiarkan genangan air yang tidak perlu, karena dapat menjadi sarang nyamuk Aedes aegypti.

Briptu Tulus menyampaikan, “Kegiatan fooging ini merupakan salah satu upaya kami dalam mencegah terjadinya kasus DBD yang dapat mengancam kesehatan masyarakat. Kami berharap dengan kerjasama yang baik antara aparat keamanan, Puskesmas, dan Pemda, kita dapat menciptakan lingkungan yang sehat dan aman dari penyakit.”

Kerjasama yang sinergis antara Bhabinkamtibmas, Puskesmas, dan Pemda ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam menekan angka kasus DBD di Pulau Lancang. Semoga upaya preventif ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan pribadi.

ArabicChinese (Simplified)EnglishIndonesianRussianSpanish