April 20, 2024

Kabar Senator

Media Aspirasi dan Inspirasi Daerah

Home » Anggota MPR F-Golkar: Siapapun Presidennya Harus Lanjutkan Pembangunan IKN

Anggota MPR F-Golkar: Siapapun Presidennya Harus Lanjutkan Pembangunan IKN

KS, JAKARTA – Anggota MPR RI F-Golkar Muhammad Fauzi memandang Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai sebuah program bersama. Yang pembangunannya harus dilakukan secara serius.

Tak kurang dari setahun lagi, akan ada Presiden terpilih, ketika Jokowi tak lagi menjadi Presiden, apakah pembangunan IKN akan tetap berlanjut?

“Program IKN ini bukan atas nama pribadi seorang presiden, tapi merupakan sebuah produk pemerintahan, karena itu harus ditindaklanjuti siapapun nanti terpilih,” kata Fauzi dalam diskusi Empat Pilar MPR RI bertajuk ‘Keberlangsungan Pembangunan IKN Tanpa Haluan Negara’, di Media Centre Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (1/3/2023)

Ia mengamini, perlu satu payung hukum kuat untuk menjaga keberlangsungan IKN, MPR mengkaji perlunya Pokok-pokok Haluan Negara (PPHN) sebagai pedoman pembangunan IKN. Namun, ia sependapat bahwa amandemen untuk memasukkan klausul PPHN, mesti dalam suasana yang sejuk.

Hal ini juga pernah disampaikan Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet). Mengingat, saat ini sudah dekat menjelang Pemilu 2024.

Legislator dapil Sulsel ini berharap setelah Pemilu 2024, PPHN sudah dapat dimuat dalam amandemen UUD 1945.

“Karena pada saat masuk di di ruang-ruang yang sangat krusial seperti sekarang menjelang pileg kemungkinan ini orang melihatnya lebih banyak dari sudut pandang politik, sehingga suasananya harus direda dulu, mudah-mudahan setelah 2024 kita sudah memiliki ya pikiran-pikiran atau pokok-pokok haluan negara yang kita harapkan itu sebagai sebuah pengganti GBHN,” tandas Fauzi yang juga Anggota Komisi Infrastruktur (V) DPR ini.

Hadir juga dalam diskusi tersebut, Sekretaris Otorita Ibu Kota Nusantara Achmad Jaka Santos Adiwijaya, Jubir PKB Mikhael Benjamin Sinaga serta Pusat Studi Konstitusi (PUSaKo) Universitas Andalas Feri Amsari. (Wid)

ArabicChinese (Simplified)EnglishIndonesianRussianSpanish